Gunung Stromboli Erupsi Lagi, Italia Diselimuti Abu

TrubusNews
Astri Sofyanti
29 Agu 2019   14:00 WIB

Komentar
Gunung Stromboli Erupsi Lagi, Italia Diselimuti Abu

gunung berapi Stromboli di Italia meletus (Foto : AFP/Twitter @mariocalabresi)

Trubus.id -- Gunung api Stromboli di Italia, yang berada di lepas pantai Sisilia, meletus Rabu (29/8/19) waktu setempat. Erupsi ini merupakan yang ke dua dalam dua bulan terakhir. Erupsi membuat kawasan hutan di gunung tersebut terbakar akibat aliran lahar. Pemadam kebakaran setempat bergegas memadamkan kebakaran tersebut. Abu vulkanik tampak menutupi atap srumah-rumah warga. Dampak letusan juga menimpa Pulau Salina yang lokasinya tak berjauhan.

Gunung Stromboli merupakan bagian dari Kepulauan Aeolian yang berada di bawah daerah otonom Sisilia. Gunung telah terlarang bagi pendaki setelah letusan mematikan pada Juli lalu yang menewaskan seorang pendaki. Stromboli merupakan gunung api laut yang berada di area seluas 12 kilometer persegi dengan tinggi 924 meter.

"Layanan darurat bergegas meluncurkan perahu motor dan helikopter setelah ledakan kuat di lereng kawah bagian selatan dan tengah yang mengguncang pulau itu, tetapi tidak ada yang terluka," ungkap pernyataan petugas pemadam kebakaran, dilaporkan AFP, Kamis (29/8).

Baca Lainnya : Gunung Stromboli Meletus, Paksa Ratusan Orang Mengungsi di Italia

Gunung berapi Stromboli merupakan bagian dari kepulauan Kepulauan Aeolian di Italia selatan. Gunung itu terlarang bagi wisatawan setelah letusan mematikan pada 3 Juli 2019. Bencana ini mengakibatkan seorang pendaki dan memicu para turis melarikan diri ke laut.

Erupsi Gunung Stromboli mengakibatkan abu vulkanik menyelimuti kota kecil Stromboli. Stromboli diselimuti gunung berapi aktif yang merupakan magnet bagi wisatawan dari awal musim semi setiap tahun. [NN]

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Tiga Desa di Kota Batu Terdampak Angin Kencang

Peristiwa   17 Nov 2019 - 17:06 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: