Terus Meluas, Karhutla di Bengkalis Hanguskan Sekitar 17 Hektare hingga Hari Keempat

TrubusNews
Binsar Marulitua
28 Agu 2019   14:30 WIB

Komentar
Terus Meluas,  Karhutla di Bengkalis  Hanguskan Sekitar 17  Hektare  hingga Hari Keempat

ilustrasi Karhutla (Foto : BRG)

Trubus.id -- Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang tetjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau hingga hari ke empat terus meluas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis, Tajul Mudaris  mengungkapkan, Karhutla terjadi saat ini di Desa Pangkalan Libur, Kecamatan Pinggir dan Dusun 4 Desa Bukit Kerikil, Kecamatan Bandar Laksama.

"Luas Karhuta di Kecamatan Pinggir diperkirakan 10 hektare dan di Kecamatan Bandar Laksamana 7 hektare," kata Tajul di Bengkalis, Rabu (28/8/2019). 

Baca Lainnya : Karhutla di Palembang Tembus 1.822 Hektare, Sumber Air Jadi Kendala Pemadaman
 

Diungkapkannya, hingga saat ini Karhutla belum berhasil dipadamkan akibat lokasi yang jauh dijangkau untuk jalur darat.

"Ada sekitar tiga titik api yang belum bisa terjangkau, kendala saat pemadaman sumber air dari lokasi kebakaran jauh dan jarak tempuh yang jauh dilalui," ujar Tajul.

Untuk lahan yang terbakar saat ini merupakan lahan gambut yang belum diketahui pemiliknya. Selain itu tim saat ini dari Manggala Agni, TNI, Polri, Damkar, MPA, masyarakat, Pusadtin berjibaku memadamkan lokasi yang terbakar.

Baca Lainnya : Nestapa Asmara, Pemadam Karhutla yang Gugur Tertimpa Pohon di Tahura Senami

"Untuk wilayah yang sulit dijangkau menggunakan Water Bombing Satgas Udara Siaga darurat Karhutla Propinsi Riau," papar Tajul.

Public Relations PT AA-APP Sinar Mas, Nurul Huda mengatakan, pihak perusahaan juga menurunkan regu untuk membantu pemadaman Karhutla yang terjadi di Bukit Kerikil dan juga akan melakukan water bombing dari udara.

"Karhutla yang terjadi di Bukit Kerikil berjarak sekitar 6 sampai dengan 7 Km dari pinggiran konsesi mitra perusahaan kita, tim sudah diturunkan ke lokasi membantu pemadaman bersama TNI, Polri dan BPBD Bengkalis," kata Nurul Huda. (ANTARA)

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: