Peneliti LIPI Temukan Katak Pinocchio di Papua

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
27 Agu 2019   19:30

Komentar
Peneliti LIPI Temukan Katak Pinocchio di Papua

Katak pinocchio (Litoria pinocchio) (Foto : Trubusid/Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Sebuah ekspedisi ilmiah oleh Konservasi Internasional dan Masyarakat Geografis Nasional selama Ekspedisi 2008. di Pegunungan Foja, di Pulau Guinea Baru, Provinsi Papua. Katak ini ditemukan secara kebetulan oleh Paul Oliver, seorang herpetologist. Salah satunya jenis katak baru ini bernama Katak pinocchio (Litoria pinocchio) karena memiliki bagian hidung yang memanjang seolah-olah seperti tokoh kartun Pinocchio. Litoria pinocchio adalah spesies katak dalam keluarga Hylidae.

Sebagai informasi, Pegunungan Foja diklasifikasikan sebagai suaka margasatwa tersebut seluas 2 juta hektare yang berada di Kabupaten Mamberamo Raya dan Kabupaten Sarmi, Papua.

Meskipun ditemukan pada tahun 2008, katak tersebut tetap tidak dideskripsikan dan telah lama dikenal sebagai "katak Pinocchio " (tanpa nama ilmiah yang diberikan) hingga pada 2019 barulah katak tersebut digambarkan sebagai Litoria pinocchio.

Spesimen katak langka ini dinamai katak pinocchio karena memiliki hidungnya yang panjang serta bisa membesar dan mengembang dalam situasi tertentu. Panjang hidungnya diperkirakan sekitar 2,5 milimeter.

Negutip IFL Science, Selasa (27/8/19), bagian hidung yang mancung milik katak pinocchio ini menjadi patokan dalam mencari pasangan. Selain itu, hidung mancungnya ini juga digunakan untuk menjadi alat kamuflase si katak.

“Ukuran katak pinocchio dewasa sekitar tiga sentimeter,” kata Mumpuni Peneliti Herpetofauna Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) saat ditemui di Cibinong Science Center, Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/8/19).

Lebih lanjut Mumpuni mengatakan bahwa katak pinnochio hidup di pohon. Umumnya katak ini memakan serangga. “Katak ini informasinya belum banyak sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut,” ungkapnya.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait