PVMBG Catat Guguran Lava Gunung Karangetan Capai 2.000 Meter

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
26 Agu 2019   18:00

Komentar
PVMBG Catat Guguran Lava Gunung Karangetan Capai 2.000 Meter

Erupsi Gunung Karangetan (Foto : Dok. BNPB)

Trubus.id -- Kepala Sub Bidang Mitigasi Pengamatan Gunung Berapi di Wilayah Timur pada Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Devy Kamil Syahbana mengatakan bahwa guguran lava Gunung Karangetan di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, mecapai 2.000 meter.

Sebagai informasi, dalam sepekan terakhir, aktivitas vulkanik Gunung Karangteran terus terjadi. Bahkan Devy mengatakan jarak luncur guguran lava semakin panjang.

"Hingga kini aktivitas Gunung Karangetang relatif masih tinggi," kata Devy Kamil Syahbana, mengutip Antaranews, Senin (26/8/19).

PVMBG melaporkan, gunung yang memiliki ketinggian 1.784 meter di atas permukaan laut (Mdpl) kini meluncurkan guguran lava ke arah barat sejauh kurang lebih 2.000 meter, lebih panjang dari jarak guguran lava yang sebelumnya 1.750 meter.

Sementara itu, dikatakan Devy, melalui hasil pengamatan tim PVMBG di lapangan, guguran lava yang sebelumnya mengarah ke Kali Pangi saat ini mulai merambat ke Kali Kinali.

"Jadi akan kita lihat hari ini apakah ada perubahan rekomendasi atau tidak, kemungkinan juga akan diusulkan ada perluasan ke arah barat saja sesuai dengan potensi ancaman," ujarnya kembali.

Mengingat aktivitasnya, PVMBG tidak merekomendasikan masyaraat ataupun wisatawan untuk mendekati kawasan Gunung Karangetan. Wisatawan juga dilarang untuk melakukan pendakian dan beraktivitas di dalam zona prakiraan bahaya dalam radius 2,5 kilometer dari puncak kawah dua (kawah utara) dan kawah utama (selatan) serta area perluasan sektoral dari kawah dua ke arah Barat Laut-Utara sejauh empat kilometer yang mencakup wilayah di antara Kali Batuare dan Kali Saboang.

PVMBG juga mengimbau warga yang tinggal di bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Karangetang diminta meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi ancaman lahar hujan dan banjir bandang yang dapat mengalir hingga ke pantai.

Guna mengantisipasi masalah kesehatan yang disebabkan abu vulkanik, PVMBG menyarankan masyarakat yang tinggal disekitar Gunung Karangetan untuk menyiapkan masker penutup hidung.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: