Hampir Punah, Pakar Hewan Kenya Berhasil Biakkan Badak Putih

TrubusNews
Astri Sofyanti
26 Agu 2019   16:00 WIB

Komentar
Hampir Punah, Pakar Hewan Kenya Berhasil Biakkan Badak Putih

Badak putih (Foto : Pixabay/fxxu)

Trubus.id -- Sebagai upaya pelestarian badak putih yang nyaris punah, para pakar hewan dari Kenya melakukan pembiakkan badak putih dengan cara mengambil telur-telur badak putih yang kini keberadaannya telah langka.

Hanya delapan badak putih yang diduga masih ada di dunia, semuanya di kebun binatang, enam di Republik Ceko dan dua di Amerika Serikat. Dilaporkan, badak putih jantan terakhir mati pada 2018 lalu.

Sebagaimana dilaporkan Associated Press, Senin (26/8/19), proses pengambilan telur itu dilakukan di suaka margasatwa Ol Pejeta di Kenya. Telur diambil dari dua ekor badak betina putih, yang merupakan ibu dan anak.

Kedua badak itu adalah subspesies badak putih yang masih ada dan mereka dijaga oleh pengawal bersenjata siang-malam. Kedua badak betina itu ternyata tidak bisa hamil dengan normal karena memiliki masalah medis.

Para dokter hewan kemudian mengambil 10 telur dari kedua hewan tadi dan segera menerbangkannya ke sebuah laboratorium di Italia. Di sana, telur-telur itu akan dibuahi dengan sperma yang diawetkan dari badak putih yang telah mati.

Embrio yang tumbuh dari pembuahan itu akan dibekukan sampai bisa ditanamkan ke dalam rahim ibu tumpang, seekor badak putih dari kawasan selatan.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: