Musim Kemarau Hingga September, BMKG Prediksi Awal Musim Hujan Oktober-November

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
25 Agu 2019   17:00

Komentar
Musim Kemarau Hingga September, BMKG Prediksi Awal Musim Hujan Oktober-November

Kekeringan ilustrasi (Foto : Pixabay/josealbafotos)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim kemarau akan berlangsung pada Agustus sampai September 2019. Oleh karena itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi bencana kekeringan yang sudah mulai terjadi di sejumlah daerah.

Bahkan musim kemarau tahun ini membuat sejumlah kawasan hutan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia mengalami kebakaran.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sejumlah daerah yang sudah mulai mengalami kekeringan di antaranya, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTB) dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sementara terkait musim hujan, BMKG memprediksi awal musim hujan, diprakirakan akan mulai terjadi pada awal Oktober atau pertengahan November.

Baca Lainnya : Kemarau Berlanjut, BMKG Prediksi Musim Hujan Tiba Akhir November 2019

"Prakiraan musim kemarau puncaknya Agustus-September, sedangkan awal musim hujan diprakirakan akhir Oktober hingga pertengahan November," kata Pelaksana Harian (Plh) Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Nasrullah melansir dari Okezone, Minggu (24/8/19).

Nasrullah mengatakan bahwa BMKG telah mendeteksi beberapa wilayah di Indonesia yang mulai diguyur hujan. Sejumlah daerah yang telah turun hujan juga turut mmebantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah daerah.

"Saat ini sudah ada hujan di sebagian Sumatera ‎bagian utara termasuk Aceh, sebagian Kalimantan bagian utara, sebagian Kalimantan Tengah, dan sebagian Kalimantan Timur, Sulawesi Utara dan Tengah, dan Pegunungan Jayawijaya," tandasnya. [NN]

 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Cindy Tanaka 25 Agu 2019 - 21:43

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: