Pemerintah Nepal Keluarkan Larangan Plastik Sekali Pakai di Gunung Everest

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
23 Agu 2019   20:30

Komentar
Pemerintah Nepal Keluarkan Larangan Plastik Sekali Pakai di Gunung Everest

Sampah plastik yang berhasil dikumpulkan dari pegunungan Everest. (Foto : Doc/ BBC)

Trubus.id -- Pihak berwenang Nepal akhirnya secara akan mengeluarkan larangan penggunaan plastik sekali pakai di wilayah pegunungan Everest dalam upaya untuk mengurangi limbah yang ditinggalkan oleh pendaki. Larangan itu akan berlaku di kotamadya Khumbu Pasang Lhamu mulai Januari 2020.

"Itu (larangan penggunaan plastik) akan membantu menjaga wilayah kami, Everest, dan gunung-gunung tetap bersih dalam jangka panjang". terang seorang pejabat setempat mengatakan kepada kantor berita AFP.

Baca Lainnya : 3.000 Kilogram Sampah Telah Dibawa Turun dari Gunung Everest

Pihak berwenang Nepal baru-baru ini membersihkan 11 ton sampah dari Gunung Everest. Semua botol minum plastik dan plastik dengan lebar kurang dari 30 mikron akan dilarang di provinsi ini. Pun demikian, belum ada penalti yang diumumkan untuk pelanggar. Namun perusahaan perjalanan pendakian, maskapai penerbangan dan Asosiasi Pendaki Gunung Nepal akan bekerja dengan pejabat setempat untuk menegakkan larangan tersebut.

Khumbu Pasang Lhamu, Nepal menerima puluhan ribu wisatawan setiap tahun, dan pemerintah memperkenalkan semakin banyak tindakan untuk membatasi efek yang mereka timbulkan di daerah tersebut, termasuk meningkatnya jumlah sampah plastik.

Baca Lainnya : Tim Ekspedisi Gunung Everest Berhasil Turunkan 11 Ton Sampah dan 4 Jasad Manusia

Pada bulan Agustus, sebuah panel penasehat merekomendasikan bahwa orang yang mencari ke puncak Everest harus menggunakan pemandu yang berpengalaman dan pertama-tama harus mendaki puncak Nepal setidaknya 6.500 mdpl (21.325 kaki). Saat ini, izin untuk gunung tertinggi di dunia berharga $ 11.000atau sekitar Rp154 juta. Panel menyarankan untuk meningkatkan ini menjadi setidaknya $ 35.000 atau sekitar Rp490 juta.

Sebelumnya pada 2019 setidaknya 11 orang meninggal atau hilang pada puncaknya, dari rekor 885 orang yang berusaha mendaki Everest musim pendakian ini. [RN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


jesica oktavia 23 Agu 2019 - 21:20

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: