BMKG Belum Deteksi Gempa Susulan Pasca Gempa Magnitudo 4.0 di Bogor

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
23 Agu 2019   13:38

Komentar
BMKG Belum Deteksi Gempa Susulan Pasca Gempa Magnitudo 4.0 di Bogor

Ilustrasi gempa (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat diguncang gempabumi tektonik dengan magnitudo 4.0 pada Jumat, 23 Agustus 2019, pada pukul 11:10:59 WIB. 

Hasil Analisis BMKG menunjukkan pusat gempabumi terletak pada koordinat 6.7 LS - 106.51 BT, tepatnya berada di Darat pada jarak 101 km BaratDaya KAB-BOGOR-JABAR dengan kedalaman 5 Kilometer.

"Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi Dangkal akibat aktivitas Sesar Citarik," jelas Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho dalam keterangan tertulis. 

Hendro menjelaskan dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan  di wilayah Sukabumi dengan Skala Intensitas II - III MMI, Di Ciptagelar dengan Skala Intensitas III MMI. Di Panggarangan  Jatake, Cikotok dan Bogor dengan Skala Intensitas II - III MMI. 

"Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," tambahnya.  

Ia menambahkan hingga laporan ini dibuat pukul 11:35 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut.

Pastikan informasi resmi Gempabumi dengan Skala Magnitudo kurang dari 5 (lima) hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui website (http://balai2.bmkg.go.id/).
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: