Presiden Prancis: Kebakaran Hutan Amazon Jadi Bahasan KTT G7 Pekan Ini

TrubusNews
Astri Sofyanti
23 Agu 2019   13:30 WIB

Komentar
Presiden Prancis: Kebakaran Hutan Amazon Jadi Bahasan KTT G7 Pekan Ini

Foto citra satelit yang diabadikan NASA menunjukkan kebakaran hutan Amazon di Brazil (Foto : national oceanic and atmospheric administration (noaa))

Trubus.id -- Terkait masalah krisis internasional akibat terjadinya kebakaran hutan Amazon, Presiden Prancis Emmanuel Macron meminta masalah ini menjadi bahasan utama di KTT G7. Dirinya meminta negara-negara anggota G7 untuk bertemu akhir pekan ini untuk mencari solusi masalah kebakaran hutan Amazon.

"Rumah kami terbakar. Secara harfiah. Hutan hujan Amazon -paru-paru yang menghasilkan 20 persen oksigen planet kita- terbakar. Ini adalah krisis internasional. Anggota KTT G-7, mari kita bahas urutan pertama darurat ini dalam dua hari!" cuit Macron, seperti dilaporkan AFP, Jumat (23/8/19).

Sementara itu, Presiden Brazil Jair Bolsonaro menghadapi kritik internasional atas retorika anti-lingkungannya, yang menurut para aktivis menjadi penyebab kebakaran; memicu para penebang, penambang, dan petani di Amazon semakin berani.

Pakar lingkungan mengatakan, penyebabnya adalah Presiden Brazil Jair Bolsonaro, dari kelompok ekstrem kanan, yang mendorong petani dan pihak-pihak lain untuk membuka hutan guna pertanian, peternakan dan industri.

Bolsonaro juga dikecam karena sikapnya yang anti-lingkungan, demi memperkaya industri perminyakan, pertambangan, peternakan dan perkayuan. Bolsonaro menyebut hutan Amazon sebagai sumber ekonomi yang harus dimanfaatkan.

Sebelumnya, Kamis (22/8/19), pihaknya menyangkal kebijakannya menjadi penyebab kebakaran. Menurutnya, Brazil "menderita psikosis lingkungan" yang menghambat pembangunan.

Dilaporkan sebanyak 73.000 kebakaran terjadi antara Januari dan Agustus 2019, dibandingkan dengan 39.759 dalam delapan bulan pertama pada 2018. Ini merupakan jumlah tertinggi kebakaran hutan sejak 2013.

Sebagai informasi Prancis pada Sabtu (24/8/19) nanti akan menjadi tuan rumah pertemuan para pemimpin G7, yang diikuti Amerika Serikat (AS), AS, Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Kanada, pertemuan tersebut akan dilaksanakan di resor tepi laut Biarritz, Prancis.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: