101 Orang Meninggal Dunia di Jepang Akibat Cuaca Panas

TrubusNews
Astri Sofyanti
21 Agu 2019   09:49 WIB

Komentar
101 Orang Meninggal Dunia di Jepang Akibat Cuaca Panas

Ilustrasi Cuaca Panas di Jepang (Foto : Getty Images)

Trubus.id -- Setidaknya 101 orang tewas akibat gelombang panas yang menerjang Jepang sejak akhir Juli lalu. sebagian besar korban jiwa yang meninggal akibat cuaca panas kalangan lanjut usia yang mengalami heatstroke. Jumlah korban meninggal ini terhitung sejak 1 Juli sampai 19 Agustus 2019.

Data Pemerintah Metropolitan Tokyo, seperti dikutip Japan Times, Rabu (21/8) dari Inews, mengungkapkan, pada 2018 jumlah korban tewas akibat cuaca panas di wilayah padat penduduk itu mencapai 164 orang.

Korban meninggal dunia akibat cuaca panas tahun ini berusia antara 40 sampai 90 tahun. sebanyak 91 warga yang meninggal dunia berusia 65 tahun ke atas. Dari total korban, 94 di antaranya meninggal di dalam ruangan, sebagian besar karena pendingin udara tak diaktifkan.

Baca Lainnya : Cuaca Panas dan Kualitas Udara di Malaysia Memburuk, Teh Herbal Ludes Terjual

Pemerintah Jepang telah mengingatkan masyarakat, terutama kelompok rentan heatstroke, untuk menghindari beraktivitas di luar ruangan karena bisa berisiko fatal hingga kematian. Warga juga disarankan menggunakan AC secara tepat, banyak meminum air mineral, serta mengonsumsi garam dalam jumlah cukup.

Menurut Badan Manajemen Kebakaran dan Bencana Jepang, tekanan tinggi di Jepang menyebabkan panas ekstrem di sebagian besar wilayah negara. Warga pun mengimbau agar warga tetap mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh dan berusaha untuk berada di dalam ruangan sejuk. [NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: