Tim SAR Polandia Berusaha Mengevakuasi 2 Penelusur yang Terjebak dalam Gua

TrubusNews
Syahroni
19 Agu 2019   23:00 WIB

Komentar
Tim SAR Polandia Berusaha Mengevakuasi 2 Penelusur yang Terjebak dalam Gua

Ilustrasi penelusuran gua. (Foto : Lukasz Smagora via REUTERS)

Trubus.id -- Lebih dari dua lusin petugas penyelamat berjuang untuk menyelamatkan dua penelusur gua yang terjebak di sebuah gua di pegunungan Tatra Polandia, kata layanan penyelamatan gunung pada hari Minggu (18/8), setelah sebuah terowongan sempit membanjiri air, menghalangi jalan keluar mereka.

Seorang perwakilan dari layanan penyelamatan mengatakan belum memungkinkan untuk melakukan kontak dengan kedua penjelajah dan kekhawatiran bertambah karena paparan lama mereka pada kondisi ekstrem.

Tim penyelamat bersiap untuk menggunakan bahan peledak untuk membuka rute untuk mengakses keduanya tetapi prosesnya tidak akan cepat.

"Satu-satunya cara untuk sampai kepada mereka adalah melalui serangkaian tindakan kroteknik yang sangat rumit," kata Jan Krzysztof, kepala kelompok Pencarian dan Penyelamatan Relawan Tatra, dalam wawancara dadakan yang disiarkan oleh TVN.

"Kami memiliki bahan-bahan yang diperlukan, tetapi ini akan memakan waktu lama," kata Krzysztof.

"Kita harus siap bekerja yang bisa berlangsung berhari-hari jika tidak berminggu-minggu."

Keduanya terperangkap di gua Wielka Sniezna, yang terpanjang dan terdalam di pegunungan Tatra, pada hari Sabtu dan layanan penyelamatan diberitahukan oleh rekan-rekan yang telah menemani mereka dalam perjalanan, TVN melaporkan.

Kelompok penyelamatan pertama dikirim pada Sabtu malam dan sejak itu dua kelompok lagi, termasuk pekerja dari pemadam kebakaran di Krakow, telah dikirim, kata TVN.

Dukungan tambahan bisa datang dari penyelamat Slovakia, Krzysztof mengatakan kepada wartawan. Kondisi penyelamatan sangat sulit karena banjir yang juga dapat membahayakan penyelamat, TVN melaporkan. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: