Chennai, Kota India Pertama yang Mengolah Air Limbah untuk Penggunaan Industri

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
19 Agu 2019   18:30

Komentar
Chennai, Kota India Pertama yang Mengolah Air Limbah untuk Penggunaan Industri

Pusat pengolahan limbah di Chennai, India. (Foto : Indiatimes/ Martin Luis)

Trubus.id -- Semakin banyak lembaga / organisasi di India yang datang dengan cara 'go green' dan menggunakan kembali sumber daya apa pun yang mereka bisa. Pasalnya seperti yang kita tahu, bumi semakin kehabisan sumber dayanya. Bahkan Menteri Kereta Api Piyush Goyal mengatakan bahwa Kereta Api India berencana untuk menjadi 'kereta api hijau 100%' pertama di dunia dalam 10 tahun.

Tetapi lebih cepat dari itu, Chennai akan menjadi kota pertama di India yang mendaur ulang limbah cairnya. Ini juga akan memasok untuk keperluan industri. Sebuah pabrik pengolahan baru hampir sepenuhnya dibangun di Kodungaiyur, dan seharusnya selesai pada minggu pertama Agustus.

Seperti kita ketahui bahwa kota ini telah berjuang melawan krisis air selama berbulan-bulan sekarang. Pabrik akan mendaur ulang air limbah dan memasoknya ke industri sehingga memastikan bahwa air minum segar disediakan sebagian besar untuk keperluan perumahan. Menurut Dewan Air Metro, ini akan membantu meringankan krisis sampai batas tertentu.

Pabrik pengolahan limbah lainnya, sedang dibangun di Koyambedu, dan mungkin akan mulai beroperasi pada bulan September. Dua pabrik ini saja akan mampu mengolah 90 juta liter limbah per hari dengan menggunakan teknik reverse osmosis.

Inilah yang akan dilakukan

Air yang biasanya dilepaskan ke sungai setelah pengolahan sekunder sekarang akan dikirim ke instalasi pengolahan limbah baru ini untuk tingkat yang lebih tinggi. Air ini kemudian akan cocok untuk keperluan industri.

“Pabrik di Kodungaiyur awalnya akan mengobati 15 MLD, yang perlahan-lahan akan meningkat menjadi 35 MLD, dan kemudian menjadi kapasitas penuhnya 45 MLD. Industri akan mendapat manfaat dari proyek ini karena mereka akan mendapatkan 50 ml air olahan." seorang pejabat mengatakan dilansir dari Indiatimes.

“Setelah pabrik ditugaskan, air tawar yang disimpan akan dipasok ke daerah perumahan di Tiruvottiyur, Tondiarpet, Royapuram, Madhavaram dan Manali di Utara; dan Chintadripet, Purasawalkam, Egmore, T Nagar, dan Mambalam di bagian tengah kota." terangnya.

“Sekarang waduk Chembarambakkam telah mengering, itu adalah air dari tambang yang disuplai ke industri. Sebelumnya, hampir 30 MLD dari reservoir dipasok ke industri di SIPCOT. Kami akan memasok air olahan ke enam dari 27 industri di sabuk Manali pada awalnya,” kata New Indian Express mengutip pejabat tersebut.

Ini berarti bahwa air tawar yang dipasok ke industri sekarang akan diarahkan untuk penggunaan perumahan. Ini adalah ide yang cemerlang dan menunjukkan bahwa Chennai tidak hanya bergantung pada sumber daya lain untuk memerangi krisis air, ia juga mencoba mengatasinya secara internal. [RN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Cindy Tanaka 19 Agu 2019 - 19:42

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: