BPPTKG Klaim Teknologi Modifikasi Cuaca Mampu Kurangi Titik Api di Riau

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
16 Agu 2019   11:30

Komentar
BPPTKG Klaim Teknologi Modifikasi Cuaca Mampu Kurangi Titik Api di Riau

Kebakaran hutan dan lahan di Riau (Foto : Dok. BNPB)

Trubus.id -- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengklaim bahwa teknologi modifikasi cuaca dengan membuat hujan buatan dinilai mampu mengurangi titik api (hotspot) yang beririko terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau.

Kepala BPPT Hammam Riza mengungkapkan bahwa telah dilakukan 103 kali penerbangan untuk membuat hujan buatan di seluruh wilayah Riau guna menanggulangi karhutla.

Dirinya mengklaim bahwa tren titik api hingga Agustus terpantau positif dan terus terus berkurang.

Baca Lainnya : KLHK Segel 10 Lokasi Karhutla MIlik Korporasi di Kalimantan Barat

"Tim BBTMC BPPT sudah melakukan operasi di Riau ini selama lebih dari 120 hari. Hasilnya saya lihat tren nya positif ya. Titik api terus berkurang. Data terakhir di Posko menunjukkan titik api saat ini berhasil dikurangi," demikian dikatakan Hammam dalam siaran persnya, Jumat (16/8/19) mengutip cnnindonesia.

Lebih jauh dirinya mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan BNPB, BMKG, TNI, dan pemangku kepentingan lain untuk mencegah agar titik api tidak meluas. Menurutnya, teknologi modifikasi cuaca berhasil membuat hujan diturunkan, sehingga titik api terus berkurang.

Baca Lainnya : Atasi Karhutla Riau, Menteri LHK Dorong Penegakan Hukum Diperketat

Selain melakukan sejumlah upaya penanggulangan karhutla, BPPT terus memperkuat pencegahan serta mitigasi bencana hidrometeorologi.

Hammam menekankan bahwa teknologi hujan buatan juga harus diperhitungkan sebagai kegiatan yang berdampak ekonomi dengan memperhitungkan aspek keselamatan dan kesehatan.

"Bukan sekedar memadamkan api, operasi teknologi modifikasi cuaca juga memperhitungkan keselamatan dan kesehatan masyarakat akibat kabut asap," pungkasnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: