Pemkot Bogor Ancam Denda Warga yang Masih BAB di Aliran Sungai

TrubusNews
Syahroni
14 Agu 2019   21:30 WIB

Komentar
Pemkot Bogor Ancam Denda Warga yang Masih BAB di Aliran Sungai

Walikota Bogor, Bima Arya. (Foto : Trubus.id/ M Solichin)

Trubus.id -- Pemerintah Kota Bogor akan memberlakukan denda bagi masyarakat yang masih membuang sampah dan buang air besar (BAB) ke sungai. Hal ini dilakukan sebagai upaya Pemkot Bogor untuk mengurai persoalan sampah dan naturalisasi Sungai Ciliwung.

"Ini strategi untuk mengurai persoalan sampah dan kebersihan. Naturalisasi Ciliwung itu bagiannya aja. Jadi intinya mah satu, kita mau berlakukan perda dengan penegakan hukum yang buang sampah sembarang itu kita denda," kata Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto di Balai Kota Bogor, Rabu (14/8).

Namun, kata Bima, penegakan Perda tersebut akan dimulai dengan sosialisasi dan edukasi agar masyarakat dengan sukarela meninggalkan kebiasaan buruk membuang sampah dan BAB di sungai.

"Ada dua hal yang akan kita lakukan, pertama sosialisasi, edukasi dan kedua adalah membangun fasilitas," jelas Bima.

Pihak Pemkot Bogor juga akan melakukan edukasi secara terus menerus tentang bagaimana memilah dan memilih sampah. 

"Tiga R (Reuse, Reduse, Recycle), itu lebih masif lagi supaya sampah itu selesai betul-betul di rumah tangga. Sehingga yang diangkut ke tempat pembuangan akhir itu berkurang," tambahnya. 

Setelah itu dilakukan, lanjut Bima, nanti akan diprioritaskan untuk di bangun infrastruktur supaya warga tidak punya alasan lagi untuk membuang sampah dan BAB sembarangan. Bima mengharakan pembangunan infrastruktur pun akan segera dilakukan dan Bima ingin selesai dalam waktu 3 tahun.

"Kita ingin itu diselesaikan semua. Dalam waktu 3 tahun ke depan, itu bisa diselesaikan dan hukum bisa dilaksanakan," katanya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Indonesia Jadi Contoh Negara Lain Manfaatkan Biodiesel

Peristiwa   09 Des 2019 - 17:39 WIB
Bagikan:          
Bagikan: