Terus Bertambah, Korban Jiwa Banjir India Mencapai Lebih dari 270 Orang

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
14 Agu 2019   22:00

Komentar
Terus Bertambah, Korban Jiwa Banjir India Mencapai Lebih dari 270 Orang

Tim penyelamat membawa korban tanah longsor yang disebabkan oleh hujan lebat di Meppadi di distrik Wayanad di negara bagian Kerala, India selatan. (Foto : REUTERS/Stringer)

Trubus.id -- Banjir dan tanah longsor dampak monsoon telah menewaskan lebih dari 270 orang di India sepanjang bulan ini. Sementara itu, satu juta warga terpaksa mengungsi karena pemukiman mereka terendam banjir air yang meluas di enam negara bagian, kata pihak berwenang pada hari Rabu setelah dua minggu hujan lebat.

Hujan dari Juni hingga September adalah jalur kehidupan masyarakat pedesaan India. Tetapi hujan juga menyebabkan kematian dan kehancuran setiap tahunnya.

Negara bagian selatan Kerala dan Karnataka, dan Maharashtra dan Gujarat di barat, termasuk di antara wilayah yang paling parah terdampak banjir yang menghanyutkan ribuan hektare tanaman musim panas yang ditabur dan merusak jalan dan jalur kereta api.

Baca Lainnya : Lebih dari 150 Orang Tewas Saat Hujan Lebat Menghantam India

Paling tidak 95 orang tewas dan lebih dari 50 orang hilang di Kerala, tempat hujan deras memicu puluhan tanah longsor pekan lalu dan menjebak lebih dari 100 orang.

Sekitar 190.000 orang masih tinggal di kamp-kamp bantuan di negara bagian itu, kata Ketua Menteri Pinarayi Vijayan. Namun dia menambahkan beberapa warga sudah kembali ke rumah ketika air banjir surut.

Di negara tetangga Karnataka, rumah bagi pusat teknologi Bengaluru, 54 orang meninggal dan 15 orang hilang setelah sungai meluap ketika otoritas mengeluarkan air dari bendungan. Hampir 700.000 orang telah dievakuasi di negara bagian.

Baca Lainnya : Buaya Raksasa Hinggap di Atap Rumah Warga yang Terendam Banjir di India

Hujan deras diperkirakan terjadi di beberapa bagian Karnataka, Maharashtra dan Gujarat, serta negara bagian tengah Madhya Pradesh, dalam dua hari ke depan, kata pejabat cuaca.

Di Maharashtra, yang termasuk ibukota keuangan Mumbai, 48 orang tewas tetapi air banjir surut, kata seorang pejabat negara.

"Kami sekarang sedang berusaha memulihkan listrik dan persediaan air minum," katanya dilansir dari Reuters, Rabu (14/8).

Di Madhya Pradesh, produsen kedelai terbesar, hujan lebat menewaskan 32 orang dan merusak tanaman, kata pihak berwenang.

Di Gujarat, 31 orang tewas dalam insiden terkait hujan, sementara tanah longsor menewaskan hampir selusin orang di negara bagian utara Uttarakhand yang berbukit. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: