Peniti LIPI Lakukan Riset di 8 Pulau Terluar Indonesia

TrubusNews
Astri Sofyanti
14 Agu 2019   19:30 WIB

Komentar
Peniti LIPI Lakukan Riset di 8 Pulau Terluar Indonesia

Peneliti LIPI yang melakukan riset dan mengeksplor 8 pulau terluar Indonesia dalam Ekspedisi Nusa Mangga (Foto : Astri Sofyanti/ trubus.id)

Trubus.id -- Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Tri Laksana Handoko mengatakan bahwa tujuan dilakukannya Ekspedisi Nusa Manggala untuk mengeksplorasi pulau-pulau terluar di Indonesia yang menjadi basis utama untuk pengukuran batas wilayah.

"Ekspedisi kali ini baru dilakukan ke delapan pulau terluar Indonesia," katanya disela-sela Peluncuran Film Dokumenter Ekspedisi Nusa Manggala Kisah 8 Pulau di Pasific Place, Jakarta, Rabu (14/8/19).

Sebagaimana diketahui Indonesia memiliki 111 pulau terluar yang memiliki potensi besar untuk dieksplor baik dari sosial, ekosistem, biota, hingga potensi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata yang potensial. Ekspedisi Nusa Manggala ini telah dilakukan dari Oktober hingga Desember 2019, atau selama 60 hari ekspedisi.

Ekspedisi Nusa Manggala ini terbagi menjadi tiga tim yang terbagi menjadi Leg 1, 2 dan 3.

" Koordinator Leg 1 Hadiyanto, I Wayan Eka Dharmawan koordinator leg 2, Muhammad Hafizt koordinator leg 3. Sementara Udhi Eko Herenawan koordinator ekspedisi Nusa Manggala," ujar Laksana.

Koordinator Leg 3 Muhammad Hafizt mengatakan bahwa masing-masing Leg menghabiskan waktu selama 20 hari pelayaran.

"Selama 20 hari pelayaran, kita bisa mengeksplor beberapa pulau. Pulau yang paling banyak berada di Leg 1. Leg 1 merupakan pulau-pulau yang berada paling luar, yang memiliki posisi pulau satu dengan lainnya berjajar. Leg 1 terdiri dari lima pulau, Leg 2 terdiri dari tiga pulau, dan Leg 3 terdiri dari 2 pulau," ujar Hafizt menjelaskan.

Sementara Koordinator Ekspedisi Nusa Manggala Udhi mengatakan, dari sisi makna para peneliti menggunakan Nusa Manggala, Nusa artinya pulau dan Manggala memiliki arti sesuatu yang du depan, Manggala sendiri berasal dari bahasa Sansakerta.

"Artinya kita melakukan Ekspedisi Nusa Manggala, sebenernya kita ingin menuju pulau yang berada di depan dalam rangka menjaga kedaulatan kita (NKRI)," ucap Udhi.

"Kami ini peneliti yang sangat beruntung, karena jarang sekali peneliti mendapatkan kesempatan sampai ke pulau-pulau terluar yang berada di batas negara," papar Wayan, koordinator Leg 2.

Usai melakukan penelitian selama 60 hari ke delapan pulau terluar Indonesia, para peneliti mengatakan betapa indahnya Indonesia karena memiliki banyak pulau yang berpotensi tinggi untuk dikembangkan.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Ini Proses Penyaluran Dana Desa

Peristiwa   20 Nov 2019 - 12:37 WIB
Bagikan: