Festival Pangan 2019 Membangun Sinergi dan Ketahanan Pangan di DKI Jakarta

TrubusNews
Thomas Aquinus | Followers 2
14 Agu 2019   18:30

Komentar
Festival Pangan 2019 Membangun Sinergi dan Ketahanan Pangan di DKI Jakarta

Pembukaan Festival Pangan 2019 (Foto : Trubus.id/Thomas Aquinus Krisnaldi G)

Trubus.id -- Dalam rangka membangun ketahanan pangan dan meningkatkan perekonomian pelaku usaha pangan di Provinsi DKI Jakarta, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menggelar Festival Pangan Jakarta 2019 di Pasaraya Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada 14 sampai 16 Agustus 2019.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Darjamuni saat membuka Festival Pangan Jakarta 2019 mengatakan, kegiatan ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan oleh Pemprov DKI Jakarta dengan mengangkat tema 'Pangan Aman, Kite Nyaman’.

"Hari ini tonggak utama kita ingin memajukan pangan secara keseluruhan, ini rupanya hanya sebagian kecil belum bisa kita tampung semua," ujar Darjamuni, Rabu (14/8).

Baca Lainnya : Miris, Petani Kenya Tinggalkan Tanaman Pangan untuk Tanam Narkotika Herbal

Sementara itu, Gamal Sinurat, Asisten Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Permukiman Provinsi DKI Jakarta mengungkapkan, untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi warga Jakarta yang mencapai 10 juta jiwa dibutuhkan perhatian khusus.

Dirinya menilai, sebagai ibu kota negara, ketersediaan pangan di Kota Jakarta harus tetap terjaga baik supply maupun demand-nya. 

“Untuk menjaga supply bahan pangan tersebut, Pemprov DKI melakukan penjajakan kerja sama dengan daerah lain yang merupakan daerah produksi pangan di berbagai daerah Indonesia,” katanya.

Dirinya juga mengapresiasi Dinas KPKP DKI Jakarta atas ide menyelenggarakan Festival Pangan 2019 di Jakarta. 

Baca Lainnya : Kementan Segera Rumuskan Kebijakan Strategi Ketahanan Pangan dan Gizi

Gamal menambahkan, kegiatan ini diharapkan dapat menggerakkan usaha pangan yang berkelanjutan dengan memaksimalkan peran berbagai pemangku kepentingan.

Selain itu, Festival Pangan diupayakan juga membuka interaksi bisnis dan membangun sinergitas dalam mengembangkan sektor pangan di DKI Jakarta.

Suasana Festival Pangan 2019 di Pasaraya, Blok M (Foto: Trubus.id/Thomas A Krisnaldi G)

Selain diperkirakan bakal dihadiri ribuan orang, Festival Pangan 2019 juga dimeriahkan oleh 60 stan dari para pelaku usaha pangan yang tergabung dalam program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu.

"Ini suatu hal yang sangat membanggakan kita, karena ini tadinya mau saya satukan ada lomba masak ikan, ada lomba masak olahan peternakan, tapi yang bisa kita bawa kesini adalah hasil olahan peternakan, karena ini tiga hari nanti semuanya ada kegiatan," pungkas Darjamuni. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: