Lebih dari 150 Orang Tewas Saat Hujan Lebat Menghantam India

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
14 Agu 2019   12:00

Komentar
Lebih dari 150 Orang Tewas Saat Hujan Lebat Menghantam India

Relawan, penduduk setempat dan anggota Pasukan Tanggap Bencana Nasional mencari korban di puing-puing sisa tanah longsor di Puthumala di Meppadi di distrik Wayanad, India. (Foto : Doc/ CNN)

Trubus.id -- Hujan lebat di India menyebabkan tanah longsor dan banjir yang menghancurkan sehingga menewaskan lebih dari 150 orang, menurut laporan pemerintah setempat. Jumlah korban tercatat mencapai 152 orang tewas dan 17 lainnya hilang di empat negara bagian di India, kata para pejabat negara dilansir dari CNN, Selasa (13/8).

Di Myanmar, 53 orang tewas dan 47 lainnya diselamatkan ketika tanah longsor memaksa ribuan orang mengungsi dari rumah mereka pada hari Minggu, menurut media negara itu. Beberapa bagian Myanmar mengalami curah hujan 500 milimeter (20 inci) pada minggu lalu, dan beberapa daerah diperkirakan memiliki curah hujan hingga 250 milimeter (10 inci) selama lima hari ke depan.

Baca Lainnya : Buaya Raksasa Hinggap di Atap Rumah Warga yang Terendam Banjir di India

Di India, lebih dari 165.000 orang telah terusir dari rumah mereka pada musim hujan dan telah mengungsi di 1.318 kamp bantuan di seluruh negara bagian selatan Kerala, tempat 60 orang tewas, kata para pejabat. Hampir 200 rumah di negara bagian itu hancur dalam insiden yang berhubungan dengan hujan, menurut para pejabat.

Di negara bagian tetangga, Karnataka, 30 orang tewas dan 14 hilang akibat banjir, menurut pemerintah setempat. Administrasi negara telah mengevakuasi lebih dari 30.000 orang ke 924 kamp bantuan.

Di negara bagian barat Maharashtra, 40 orang tewas dan tiga orang hilang, sementara di negara bagian Gujarat, 22 orang tewas, kata para pejabat.
Sebanyak 44 tim dari Pasukan Tanggap Bencana Nasional, Angkatan Darat, Penjaga Pantai, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara mengambil bagian dalam operasi penyelamatan dan bantuan.

Petak besar di Asia Selatan dilanda hujan lebat bulan lalu, menewaskan sedikitnya 227 orang di seluruh India, Nepal, Pakistan, dan Bangladesh.

Baca Lainnya : Korban Jiwa Akibat Banjir India Jadi 144 Orang, Ratusan Ribu Warga Terpaksa Mengungsi

Periode musim hujan membentang hingga September, membuat pemulihan sulit bagi mereka yang terkena dampak. Ratusan rumah telah rusak atau hancur total dalam gelombang pertama musim ini, dan keluarga berlomba untuk membangunnya kembali sebelum lebih banyak hujan datang.

Di Myanmar, pihak berwenang di Kotapraja Paung berlomba untuk menyelamatkan mereka yang terkena dampak bencana. Sekitar 53 orang tewas, sementara 47 lainnya diselamatkan, menurut media pemerintah negara itu.

Banjir telah merusak lebih dari 4.000 rumah, menurut Global New Light of Myanmar. Penduduk desa telah dievakuasi ke tempat penampungan sementara yang telah didirikan di biara-biara dan bangunan keagamaan. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: