Hujan Masih Guyur Indonesia Saat Puncak Kemarau, Simak Sebaran Wilayahnya

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
13 Agu 2019   18:05

Komentar
Hujan Masih Guyur  Indonesia Saat Puncak  Kemarau, Simak Sebaran Wilayahnya

Ilustrasi hujan (Foto : Binsar Marulitua)

Trubus.id -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi adanya potensi hujan lebat dalam tiga hari kedepan terhitung 13 – 15 Agustus 2019 di beberapa wilayah Indonesia. Prediksi tersebut terjadi saat sebagain besar wilayah Indonesia mengalami darurat kekeringan akibat kemarau. 

"Bahwa puncak musim kemarau tahun ini terjadi pada Agustus 2019," jelas Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati di Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Potensi hujan lebat terjadi menyusul adanya massa udara basah lapisan rendah yang terkonsentrasi di beberapa wilayah seperti Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua. 

Sementara itu, daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di wilayah Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, dan Papua.

Baca Lainnya : 20.269 Hektare Lahan Pertanian Tercatat Puso Sampai Juli 2019, NTT Desa Terbanyak Kekeringan

"Low Level Jet dengan kecepatan angin terpantau >25kt terdapat di wilayah Laut Andaman, Laut Arafuru, Laut Cina Selatan, Australia bagian utara hingga Laut Arafura bagian barat. Kemudian belokan angin terdapat di Sumatera bagian Utara, Sumatera Tengah dan Kalimantan bagian Barat," tulis keterangan resmi BMKG, Selasa (13/8/2019). 

Kondisi tersebut menyebabkan beberapa daerah seperti Aceh, Sulawesi Tengah, dan Papua berpotensi hujan lebat pada hari ini (13/8/2019). Sementara untuk besok (14/8/201) hingga lusa (15/8/2019), wilayah yang berpeluang hujan lebat adalah Sumatera Barat dan Papua.

Baca Lainnya : Cegah Kekeringan, PUPR Benahi 10 Pintu Air Bendung Cisadane

BMKG terus memberikan informasi peringatan dini kepada masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika sedang beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: