Dampak Polusi Udara di India Seperti Merokok 5-7 Batang Sehari

TrubusNews
Thomas Aquinus | Followers 2
12 Agu 2019   14:30

Komentar
Dampak Polusi Udara di India Seperti Merokok 5-7 Batang Sehari

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dampak berbahaya dari polusi udara yang diderita oleh semua orang di negara saat ini, termasuk bayi yang baru lahir, setara dengan rata-rata merokok lima hingga tujuh batang sehari, kata Harsh Vardhan Puri, konsultan, Rumah Sakit Sir Ganga Ram, India.

Dia berbicara di sebuah seminar tentang polusi udara yang diselenggarakan oleh LSM Chintan pada hari Kamis.

"Jutaan orang hidup dengan penurunan fungsi paru-paru, peradangan dan masalah terkait jantung di India dan ribuan orang meninggal karena polusi udara setiap tahun," kata Puri dilansir dari TheHindu, Kamis (12/8).

Baca Lainnya : Soal Polusi Udara di Jakarta, Anies Baswedan Bakal Perluas Ganjil Genap

Puri mengungkapkan, berdasarkan data dari pasien yang datang untuk perawatan di rumah sakit, pada tahun 1988, hanya 10% dari pasien kanker paru-paru adalah bukan perokok, tetapi pada tahun 2018, 50% adalah bukan perokok. Dia juga mengatakan bahwa orang menjadi gemuk karena polusi.

“Undang-undang yang mengatur polusi udara sudah ada sejak lama, tetapi kita telah gagal total dalam mengimplementasikannya. Bahkan pemantauan Mahkamah Agung tidak banyak membantu. Ketika berbicara tentang polusi udara, sebagian besar waktu kita menggeser masalah di luar Delhi-NCR daripada menanganinya sepenuhnya,” kata Rahul Choudhary, seorang pengacara lingkungan.

Baca Lainnya : Lidah Mertua Tidak Efektif Menjawab Polusi Udara di Jakarta

“Polusi udara tidak terbatas di Delhi, musim dingin, atau bahkan kota dan telah menciptakan dampak kesehatan yang tinggi. Papan kendali polusi kekurangan tenaga dan tidak ada implementasi yang tepat dari rencana yang ada,” kata Santosh Harish, rekan di Pusat Penelitian Kebijakan. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: