Korban Jiwa Akibat Banjir India Jadi 144 Orang, Ratusan Ribu Warga Terpaksa Mengungsi

TrubusNews
Astri Sofyanti
12 Agu 2019   12:30 WIB

Komentar
Korban Jiwa Akibat Banjir India Jadi 144 Orang, Ratusan Ribu Warga Terpaksa Mengungsi

Banjir India (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Jumlah korban jiwa akibat banjir monsun yang melanda negara bagian Karnataka Kerala dan Maharashtra India naik menjadi 144 orang.

Perlu diketahui sebelumnya, Kerala merupakan wilayah yang terkenal sebagai tempat wisata populer di India dengan keindahan pantai dan wilayah perbukitannya ini menjadi wilayah yang paling parah terdampak banjir, dengan jumlah korban mencapai 67 orang meninggal dunia.

“Sebanyak 165.000 orang dipindahkan ke lebih dari 1.318 kamp bantuan yang tersebar di 14 distrik di negara bagian itu," kata seorang perwira senior kepolisian Kerala, kepada AFP, Senin (12/8).

Personel darurat lokal dan pasukan dari angkatan darat, angkatan laut, dan udara berusaha keras melakukan operasi pencarian, penyelamatan, dan bantuan di seluruh wilayah yang terkena dampak.

Baca Lainnya : Banjir di India Renggut 33 Nyawa dan Ungsikan Ribuan Warga

Korban banjir juga meningkat di negara bagian Karnataka yang bersebelahan, di mana setidaknya 34 orang kini dipastikan meninggal dunia.

"Sementara 14 orang dinyatakan masih hilang. Kami menyelamatkan sekitar 480.000 orang, lebih dari 50.000 hewan, dan mendirikan sekitar 1.100 kamp bantuan yang memiliki lebih dari 300.000 orang," kata seorang pejabat pemerintah Karnataka kepada AFP.

Dia mengatakan, setidaknya 136 jalan dan jalan raya di seluruh negara bagian itu rusak atau terputus karena banjir.

"Hujan mereda di negara bagian hulu Maharashtra, tetapi beberapa waduk di wilayah itu telah menerima rekor aliran masuk dan harus dibuka," tambahnya.

Baca Lainnya : Jaring Wisatawan Bollywood, Kemenpar Tebar Pesona dari Singapura hingga India

"Ini adalah situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kami berharap arus akan berkurang dalam empat-lima hari ke depan jika tidak ada lagi hujan," ujarnya kembali.

Sementara itu, sebanyak 27 orang meninggal di Maharashtra akibat bencana banjir, di mana beberapa kota utama terendam banjir beberapa hari terakhir.

Dilaporkan, hujan deras menyebabkan kecelakaan di Gujarat, negara bagian asal Perdana Menteri India Narendra Modi, merenggut setidaknya 16 orang. [NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Indonesia Jadi Contoh Negara Lain Manfaatkan Biodiesel

Peristiwa   09 Des 2019 - 17:39 WIB
Bagikan:          
Bagikan: