Senin Pagi, BMKG Deteksi 4 Kali Gempa Bumi Mengguncang Bali

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
12 Agu 2019   09:23

Komentar
Senin Pagi, BMKG Deteksi 4 Kali Gempa Bumi Mengguncang Bali

Ilustrasi gempa (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang Bali dan sekitarnya, Senin (12/8) pukul 05.51 WIB.

Pusat gempa terletak pada koordinat 9,92 LS dan 113,89 BT, atau tepatnya di laut pada jarak 189 kilometer arah barat daya Kota Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali pada kedalaman 68 kilometer.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dikeluarkan Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, pihaknya menyatakan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan M 5,0 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M 4,9," kata Triyono, Senin (12/8).

Berdasarkan data BMKG, gempa dirasakan dalam skala II MMI di Kuta, Nusa Dua dan Denpasar. Serta skala II-III MMI di Banyuwangi dan Jembrana.

Skala II MMI artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sementara skala III MMI berarti gempa dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Hingga berita ini ditayangkan, belum diketahui adanya korban jiwa ataupun dampak gempa bumi terhadap kerusakan bangunan.

Selanjutnya 3 kali gempa susulan juga mengguncang Pulau Dewata. "Hingga pukul 06.12 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 3 kali gempa susulan," tandas Triyono.

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: