Jual Hewan Langka di Facebook, 2 Pria Ndeso Dicokok

TrubusNews
| Followers 0
13 Juli 2017   12:05

Komentar
Jual Hewan Langka di Facebook, 2 Pria Ndeso Dicokok

Kukang Jawa (Foto : Foto: Animal Rescue)

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH) dan pemerhati satwa mengamankan dua warga Kediri karena disinyalir menjadi sindikat penjual satwa yang dilindungi. Dari dua orang tersebut petugas menyita 9 satwa jenis kera yang terdiri dari 8 berupa Kukang dan 1 ekor Rangkok.

Pengungkapan kasus ini berawal dari informasi yang menyebutkan di daerah Kediri ada penjualan hewan dilindungi secara online yang dikirim ke Jakarta maupun luar Jawa.

Dua orang yang diamankan oleh petugas masing-masing berinisial H dan K. keduanya adalah warga Desa Semen, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri. Mereka ditangkap saat hendak melakukan pengiriman ke Jakarta.

Penyidik Penegak Hukum KLH Agus M mengatakan, kedua orang tersebut memang sudah diincar petugas sejak tahun 2015 lalu.

“Pelaku ini biasanya menawarkan hewan yang dilindungi melalui Facebook,” ucap Agus, Kamis (13/7/2017).

Agar “dagangannya” itu cepat laku, pelaku menjual hewan yang dilindungi dengan harga terjangkau. Untuk kawasan daerah dibanderol dengan harga RP 300 ribu per ekor, dan Rp 7 juta bila dikirim ke luar negeri.

Jika terbukti memperdagangkan satwa dilindungi, pelaku akan dijerat dengan Pasal 21 ayat 2 a juncto 40 dengan UU RI No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem yang hukuman pidananya penjara selama 5 tahun dan denda RP 100 juta.[AS]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: