Hujan Padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Aceh

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
10 Agu 2019   13:00

Komentar
Hujan Padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Aceh

Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan (Foto : Dok.BNPB)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Aceh menyatakan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Provinsi Aceh telah padam. Seperti diketahui, hujan yang mengguyur Aceh sehari terakhir sangat membantu proses pemadaman api.

Dari data peringatan dini cuaca di Provinsi Aceh, Jumat (9/8) pukul 20.30 WIB dilaporkan hujan dintensitas sedang hingga lebat berpotensi turun di Aceh Jaya, Pidie Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Tengah, Bener Meriah, Bireuen, Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Timur, Gayo Lues, Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Tenggara, dan sekitarnya sampai pukul 23.00 WIB.

"Pagi ini dari pantauan sensor modis oleh ketiga satelit, yakni Terra, Aqua, dan Suomi NPP tidak ada titik panas di Aceh," jelas Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Aceh, Zakaria Ahmad di Banda Aceh, Sabtu (10/8) mengutip Antaranews.

Baca Lainnya : Polusi Asap di Malaysia Bukan Pengaruh Karhutla Indonesia

Dilaporkan pula, hujan yang turun juga membantu menghilangkan titik panas (hot spot) sebanyak 16 titik yang tersebar di tujuh daerah Aceh seperti Gayo Lues, Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Selatan, Aceh Barat, Aceh Barat Daya, dan Aceh Besar.

Diketahui pada dini hari tadi atau sekitar pukul 00.45 WIB, hujan kembali turun di Nagan Raya, Aceh Tengah, Aceh Timur, Aceh Barat Daya, Gayo Lues, Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Tenggara, Aceh Selatan, Subulussalam, Aceh Singkil dan sekitarnya hingga jam 03.30 WIB.

Sementara itu, data terakhir Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebut, hingga kini petugas masih mengupayakan pemadaman di Aceh Barat dan Nagan Raya akibat kebakaran hutan dan lahan telah menghanguskan 64 hektare sejak 26 Juli 2019.

Baca Lainnya : Singapura Ucapkan Terima Kasih kepada Indonesia Redam Karhutla

"Dari pagi tadi sekitar jam 06.30 WIB, hujan turun di Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Jaya, Aceh Utara, Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Barat Daya, dan sekitarnya. Dan dapat meluas ke Banda Aceh, Sabang, Bireuen, Aceh Timur, Aceh Tamiang, Nagan Raya, Aceh Singkil, dan Simeulue hingga jam 10.00 WIB. Informasi terakhir hujan masih berlangsung pukul 09.45 WIB di Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Jaya, Pidie Jaya, Bireuen, dan sekitarnya. Bisa meluas ke Pidie, Aceh Barat, Aceh Utara, Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Simeulue hingga jam 12.30 WIB," pungkasnya. [NN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


jesica oktavia 10 Agu 2019 - 19:26

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: