Kabut Asap Selimuti Riau, Jarak Pandang Hanya 1,5 Kilometer

TrubusNews
Astri Sofyanti
05 Agu 2019   12:00 WIB

Komentar
Kabut Asap Selimuti Riau, Jarak Pandang Hanya 1,5 Kilometer

Kabut asap di Riau kian mengkhawatirkan (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Pekanbaru, Riau, mengakibatkan kabut asap menyelimuti wilayah tersebut. Laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Senin (5/8/19), menyatakan bahwa jarak pandang di Pekanbaru hanya 1,5 kilometer.

"Jarak pandang pada pagi ini 1,5 kilometer dengan kondisi udara berasap," kata Staf Analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Yasir, Senin (5/8) mengutip Antaranews.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, kabut asap menyelimuti Pekanbaru terjadi sejak pukul 05.00 WIB. BMKG Pekanbaru menyebut sumber titik panas pada level confidence 70 persen masih terlihat di Riau.

Baca Lainnya : Kepala BNPB Ajak Pemerintah dan Masyarakat Hilangkan Kabut Asap di Riau

Sementara di Kota Dumai juga kena paparan asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sehingga jarak pandang menurun menjadi sekitar lima kilometer.

Yasir mengungkapkan, asap yang kini menyelimuti wilayah Pekanbaru berasal dari kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kabupaten Siak dan Indragiri Hilir.

"Angin masih berhembus dari arah tenggara dan selatan. Asap yang sekarang menyelimuti Pekanbaru berasal dari kebakaran di Siak dan Indragiri Hilir yang berada di tenggara Pekanbaru," katanya.

Baca Lainnya : Malaysia Waspadai Kabut Asap dari Indonesia, Ini Penjelasan BMKG Pekanbaru

Menurut citra satelit pada pukul 06.00 WIB terpantau ada 65 titik panas indikasi awal karhutla di Sumatera. Riau masih mendominasi dengan 30 titik panas.

Di Riau titik panas paling banyak berada di Indragiri Hilir (14) disusul Siak (10), Kepulauan Meranti (5), Indragiri Hulu (2), dan Rokan Hilir (2). Dari seluruh titik panas yang ada di Riau, ada 19 yang merupakan titik api. Titik api paling banyak ada di Indragiri Hilir, sebanyak delapan titik. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: