Tesla Ciptakan Sistem Baterai Baru Raksasa untuk Menyimpan Energi Terbarukan

TrubusNews
Syahroni
03 Agu 2019   16:30 WIB

Komentar
Tesla Ciptakan Sistem Baterai Baru Raksasa untuk Menyimpan Energi Terbarukan

Sistem baterai raksasa produk Tesla yang bisa menyimpan energi baru terbarukan. (Foto : Tesla)

Trubus.id -- Belum lama ini, perusahaan raksasa Tesla mengumumkan produk baterai terbesarnya. Disebut Megapack, karena produk ini dirancang untuk menyederhanakan proses instalasi untuk proyek penyimpanan energi besar.

Setiap Megapack dapat menyimpan energi hingga 3 megawatt jam dan mengkonversi hingga 1,5 megawatt energi dari arus searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC) sehingga rumah dapat menggunakannya.

Tesla sebelumnya menggunakan baterai Powerpack ukuran industri untuk proyek skala besar, tetapi mengatakan Megapack memiliki kepadatan energi 60 persen lebih banyak.

Sistem Megapack lebih hemat biaya dan dapat dipasang lebih cepat daripada pembangkit listrik berbahan bakar fosil, kata Tesla dilansir dari Science Alert, dan Megapack dapat menyimpan energi yang dihasilkan oleh turbin angin atau panel surya.

Mobil-listrik dan perusahaan energi akan menggunakan Megapack di instalasi California yang dioperasikan oleh Pacific Gas and Electric Company dan dirancang untuk digunakan ketika permintaan energi dari jaringan lokal lebih besar daripada pasokan mereka.

"Penyimpanan baterai mengubah jaringan listrik global dan merupakan elemen yang semakin penting dari transisi dunia menuju energi berkelanjutan," kata Tesla dalam posting blog di situs webnya.

Pada 2017, Tesla menggunakan Powerpack untuk memasang di Australia apa yang dikatakannya sebagai baterai lithium-ion terbesar di dunia untuk mendukung jaringan energi lokal. Proyek ini mengurangi biaya hampir US $ 40 juta selama tahun pertama, kata Tesla.

Penyimpanan menjadi penyebab semakin besarnya persentase bisnis energi Tesla, yang juga mencakup panel surya. Sementara instalasi surya telah menurun dalam beberapa tahun terakhir, kapasitas penyimpanan terpasang telah meningkat. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: