Hingga Peringatan Tsunami Berakhir, Basarnas Pastikan Jabar Bagian Selatan Aman Terkendali

TrubusNews
Syahroni
02 Agu 2019   22:30 WIB

Komentar
Hingga Peringatan Tsunami Berakhir, Basarnas Pastikan Jabar Bagian Selatan Aman Terkendali

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sesuai prosedur yang berlaku, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akhirnya mencabut peringatan tsunami tepat pukul 21.35 WIB. Sebelumnya peringatan dikeluarkan usai gempa Magnitudo 7,4 mengguncang kawasan Banten, pukul 19.03 WIB.

"Peringatan dini tsunami yang disebabkan oleh gempa M 7,4 dinyatakan telah berakhir," tulis situs BMKG dalam situs resminya, Jumat (2/8).

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati sebelumnya menyebutkan, sesuai Standar Operating Procedure (SOP), BMKG harus menunggu selama 2 jam setelah peringatan tsunami dikeluarkan. 

Baca Lainnya : Gempa M=7,4 Guncang Banten Berpotensi Timbulkan Gelombang Tsunami

Sementara itu, Basarnas yang sudah melakukan koordinasi dengan BPBD di wilayah Jabar, ppihaknya mengaku belum mendapatkan informasi terkait kerusakan di Jawa Barat akibat dampak gempa Magnitudo 7,4 di Banten.

"Hasil koordinasi dengan pihak terkait (BPBD) dan pihak terkait lainnya bahwa gempa di rasakan sampai ke Pangandaran. Namun situasi masih aman, serta belum ada laporan kerusakan material dari masyarakat ( Jawa Barat). Sampai sejauh ini untuk wilayah Jabar bagian selatan, mulai dari Sukabumi sampai Pangandaran aman terkendali, " kata Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah via pesan singkat, Jumat (2/8) malam.

Baca Lainnya : Gempa M=7,4 Guncang Banten, Berikut Daerah yang Berpotensi Tsunami Berdasarkan Pemodelan

Pun demikian, Basarnas tetap meningkatkan kewaspadaan dan siap siaga untuk menghadapi dampak gempa di Banten. 

"Adapun tindakan awal yang dilakukan adalah melakukan asesmen di beberapa wilayah selatan di Jawa Barat, di antaranya Palabuhanratu, Ujung Genteng, Cidaun, Santolo, Cipatujah, hingga Pangandaran," kata Deden. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Menkraf Dorong Indonesia Miliki Peta Geospasial Pariwisata

Peristiwa   22 Feb 2020 - 14:25 WIB
Bagikan:          

Italia Umumkan Kasus Kematian Kedua Akibat Covid19

Peristiwa   22 Feb 2020 - 18:36 WIB
Bagikan: