Malaysia Waspadai Kabut Asap dari Indonesia, Ini Penjelasan BMKG Pekanbaru

TrubusNews
Astri Sofyanti
02 Agu 2019   12:30 WIB

Komentar
Malaysia Waspadai Kabut Asap dari Indonesia, Ini Penjelasan BMKG Pekanbaru

Karhutla Riau (Foto : Dok.BNPB)

Trubus.id -- Badan Meteorologi Malaysia menerbitkan peringatan supaya penduduk yang tinggal di pantai barat semenanjung dan Negara Bagian Sarawak bersiap menghadapi kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan yang melanda Riau.

Seperti diberitakan Channel NewsAsia, Jumat (2/8), Kepala Badan Meteorologi Malaysia, Jailan Simon mengungkapkan, kabut asap dari Indonesia dikhawatirkan akan memengaruhi cuaca di Kota Penang, Selangor, Kuala Lumpur, Negeri Sembilan, Putrajaya, Kuching, Serian dan Samarahan.

Padahal, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyatakan bahwa kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Riau belum masuk ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

"Sampai saat ini belum sampai disana karena hasil model-model yang kita lakukan itu (asap) masih belum sampai. Jadi masih sekitar pesisir Riau saja asapnya," kata Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru Sukisno di Pekanbaru, Jumat (2/8/19) mengutip Antaranews.

Baca Lainnya : Kepala BNPB Beberkan Kendala Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa saat ini arah angin di Sumatera kini mengarah ke Selat Malaka, menimbulkan potensi asap atau jerebu akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masuk ke negara tetangga terdekat.

"Mudah-mudahan tidak terjadi itu," harap Sukisno.

Pihaknya menegaskan, saat ini asap karhutla hanya meliputi tiga daerah di Provinsi Riau, yaitu Kabupaten Pelalawan, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru.

Dirinya juga melaporkan, kabut asap memengaruhi kualitas udara dan membuat jarak pandang menjadi terbatas di tiga lokasi terdampak. Diakui Sukisno, Jumat pagi tadi, jarak pandang di Kota Pekanbaru dan Pelalawan sekitar empat kilometer dan jarak pandang di Kota Dumai sekitar lima kilometer. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: