Kepala BNPB Ingin Inpres Penanggulangan Bencana Segera Terealisasi

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
01 Agu 2019   16:00

Komentar
Kepala BNPB Ingin Inpres Penanggulangan Bencana Segera Terealisasi

Kepala BNPB Doni Monardo (Foto : Trubusid/Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan, saat ini pemerintah tengah menyiapkan langkah strategis dalam hal regulasi dan nonregulasi terkait penanggulangan bencana. Hal ini mengingat Indonesia sebagai negara yang memiliki potensi ancaman bencana alam yang cukup tinggi maka diperlukan berbagai aturan konkrit untuk mengatur antisipasi bencana hingga penanganannya.

"Kantor Sekretariat Kabinet sudah mengadakan rapat untuk menyusun sebuah peraturan Inpres yang berhubungan dengan kewajiban daerah untuk menyusun contingency plan. Contingency plan ini tentu berasal dari sumber ancaman. Tiap daerah kan ancamannya berbeda, ada gempa, gunung berapi, banjir, tanah longsor, kekringan, kebakaran dan sebagainya,” jelas Kapala BNPB Doni Monardo di Graha BNPB, Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (1/8).

Lebih lanjut dirinya mengatakan, dengan adanya contingency plan, tiap daerah harus lebih giat lagi menyusun untuk meningkatkan kapasitas mulai dari kesiapsiagaannya, kapasitas mitigasi bencana, kapasitas sumber daya manusia, anggarannya dan kelembagaannya.

Baca Lainnya : Kepala BNPB Beberkan Kendala Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan

“Sekarang ini banyak daerah yang kelembagaannya belum maksimal. BPBD-nya masih belum memenuhi standar, kemudian anggarannya juga nyaris tidak ada. Kalau ini dibiarkan terus ya semua akan lari ke pemerintah pusat, padahal beban pemerintah pusat ini tidak ringan. Jadi dengan adanya Inpres ini diharapkan nanti beban pekerjaan dibagi rata, daerah juga harus memikul, kemudian anggaran juga harus dipikirkan untuk pencegahan,” ujarnya lagi.

Dirinya mengatakan, kalau pencegahan ini bisa dilakukan pada level tingkat kabupaten/kota maka diharapkan beban-beban pemerintah pusat akan berkurang. Terlebih dirinya menilai upaya penanggulangan akan maksimal jika pencegahan juga dilakukan oleh pemerintah di tingkat kota-kabupaten. Besar harapannya pembahasan Inpres ini bisa selesai tahun ini.

"Kita harapkan bisa segera direalisasikan. Saya belum bisa memastikan tapi mudah-mudahan tahun ini bisa selesai," tutupnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: