Rabu Pagi Gunung Merapi Kembali Lontarkan Guguran Awan Panas Sejauh 1 Kilometer

TrubusNews
Astri Sofyanti
24 Juli 2019   10:48 WIB

Komentar
Rabu Pagi Gunung Merapi Kembali Lontarkan Guguran Awan Panas Sejauh 1 Kilometer

Guguran awan panas meluncur dari puncak merapi (Foto : ANTARA FOTO)

Trubus.id -- Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) kembali mendeteksi aktivitas Gunung Merapi. Kepala BPPTKG Hanik Humaida menyatakan, Rabu (24/7)Gunung Merapi yang berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah kembali melontarkan guguran awan panas sejauh 1 kilometer ke arah hulu Kali Gendol.

“Awan panas guguran terjadi pada pukul 06.16 WIB, dengan jarak luncur 1000 meter. Luncuran mengarah ke hulu Kali Gendol” demikian disampaikan Hanik dalam keterangan tertulisnya, Rabu (24/7).

Hanik menjelaskan, seismogram merekam terjadinya awan panas guguran di Gunung Merapi ini. Dari seismogram tercatat awan panas guguran memiliki amplitudo maksimal 60 mm.

Baca Lainnya : Gunung Ubinas Meletus, 30.000 Warga Peru di Evakuasi

"Tercatat di seismogram dengan amplitudo maksimal 60 mm. Durasi kurang lebih 100 detik," ujarnya.

BPPTKG Yogyakarta sampai saat ini masih mempertahankan status Gunung Merapi pada status level II (Waspada). Penetapan status Waspada tersebut telah dilakukan sejak 21 Mei 2018 yang lalu.

BPPTKG Yogyakarta merekomendasikan area dalam radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi agar tidak ada aktivitas baik masyarakat ataupun wisatawan.

"Jarak luncuran awan panas masih kurang dari 3 km, sehingga masyarakat tidak perlu panik dan dapat tetap beraktivitas seperti biasa," cuit BPTKG dari akun Twitternya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: