Gunung Ubinas Meletus, 30.000 Warga Peru di Evakuasi

TrubusNews
Thomas Aquinus
23 Juli 2019   09:00 WIB

Komentar
Gunung Ubinas Meletus, 30.000 Warga Peru di Evakuasi

Gunung Ubinas di Peru (Foto : AFP/Getty Images)

Trubus.id -- Pemerintah Peru menyatakan keadaan darurat di wilayah sekitar gunung berapi Ubinas dengan mengevakuasi sekitar 30.000 orang dari wilayah terdampak.

Dilansir DW.com, menurut Pusat Operasi Darurat Nasional Peru (COEN), Senin (22/7) abu gunung Ubinas telah mencakup 617 sekolah dan 20 pusat kesehatan di wilayah selatan negara Peru.

Sebelumnya, gunung berapi Ubinas memicu serangkaian ledakan pada Kamis (18/7) lalu dan mengeluarkan abu setinggi 5 kilometer, melayang bersama angin membawa serta gas-gas beracun.

Baca Lainnya : Gunung Panderman Terbakar, BPBD Pastikan Tidak Ada Pendaki Terjebak

Lembaga Geofisika Peru (IGP) telah mengeluarkan "peringatan oranye" yang sedang berlangsung pada hari Minggu (21/7), yang mengindikasikan ledakan moderat dan emisi abu lebih lanjut.

Mayoritas penduduk terdampak tinggal di daerah yang berbatasan dengan Bolivia di sebelah timur, berjumlah 19.000 dari 29.700 orang. Sekitar 9.000 orang di selatan, sekitar kota Moquegua, juga terkena dampak sejak gunung berapi meletus minggu lalu.

Presiden Peru, Martin Vizcarra setelah mengunjungi daerah tersebut menyampaikan situasi keadaan darurat dengan tujuan untuk mempercepat distribusi bantuan dan mempercepat evakuasi masyarakat.

Baca Lainnya : Aktivitas Gunung Bromo Berangsur Menurun Pascaerupsi

Sementara itu, Jersy Marino dari Institut Geologi Pertambangan dan Metalurgi (INGEMMET) di TVPeru mengungkapkan, ada delapan gunung berapi di selatan Peru dan Gunung Ubinas tergolong "sangat aktif," dengan "letusan setiap lima atau enam tahun."

Peru terletak di dalam Cincin Api (Ring of Fire) berbentuk tapal kuda sepanjang 40.000 kilometer di sekitar Samudra Pasifik, yang memiliki 452 gunung berapi dan serangkaian parit samudera yang sambung-menyambung.

Menurut lembaga ilmiah AS, United States Geological Survey (USGS), sekitar 81% dari gempa bumi terbesar di dunia terjadi di sepanjang Cincin Api. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: