Bendungan Sei Gong Resmi Mengalir, Pasokan Air Baku di Batam Bertambah

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
22 Juli 2019   13:30

Komentar
Bendungan Sei Gong Resmi Mengalir, Pasokan Air Baku di Batam Bertambah

Bendungan Sei Gong di Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). (Foto : Kementerian PUPR)

Trubus.id -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan jumlah tampungan air di Indonesia, dengan membangun bendungan, termasuk Bendungan Sei Gong di Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, bendungan yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut, dibangun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan air baku yang mendesak, baik untuk domestik maupun industri di Kota Batam.

Sebab dalam beberapa tahun kedepan, Kota Batam diperkirakan akan mengalami defisit air akibat pertumbuhan jumlah penduduk. Ketersediaan air baku juga vital bagi perkembangan Kota Batam, sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kepulauan Riau.

Baca Lainnya : Siap Resmikan 3 Bendungan Baru, Pembangunan 9 Bendungan Lainnya Segera Dilelang

“Oleh karena itu penting untuk mengoptimalkan potensi air yang tersedia, salah satunya dengan menampung aliran Sungai Gong. Pastinya Kota Batam dan sekitarnya akan menikmati manfaatnya,” kata Basuki, di Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Pembangunan Bendungan Sei Gong selama selama tiga tahun dari akhir 2015 hingga akhir 2018, atas penyediaan lahan yang didukung oleh Badan Pengelola (BP) Batam. Dengan telah selesainya konstruksi bendungan tersebut, secara resmi mulai dilakukan pengisian atau impounding sejak Jumat (19/7).

Bendungan Sei Gong akan menambah tampungan air di Kepulauan Riau dengan daya tampung 11,8 juta m3 untuk mensuplai air baku sebesar 400 liter per detik yang akan diolah di instalasi pengolahan air di Kota Batam.

Bendungan Sei Gong merupakan salah satu dari 49 bendungan baru yang dibangun Kementerian PUPR dalam periode 2015-2019 sebagai upaya mewujudkan ketahanan air dan kedaulatan pangan. Infrastrukturn ini satu-satunya estuari dam atau bendungan muara baru yang dibangun dalam periode tersebut, serta bendungan pertama yang dibangun oleh Pemerintah Pusat di Batam.

Setelah bendungan terisi penuh akan dilakukan desalinasi atau proses menghilangkan kadar garam berlebih dalam, hal ini dilakukan sebagai proses lanjutan bendungan yang terletak di muara, untuk mendapatkan kualitas air tawar yang baik. Setelah itu akan dibangun instalasi pengolahan air lengkap dengan pipa saluran air untuk mendistribusikan air baku.

Baca Lainnya : Tangani Banjir Sultra, Kementerian PUPR Percepat Pembangunan Tiga Bendungan

Bendungan Sei Gong dibangun dengan anggaran APBN senilai Rp 238,44 miliar oleh Kerjasama Operasi (KSO) kontraktor PT Wijaya Karya (Wika) dan PT Tusenss Krida Utama. Bendungan ini merupakan tipe urugan tanah dengan tinggi 12 meter dan memiliki luas genangan air 356 hektar. [NN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


jesica oktavia 22 Juli 2019 - 16:10

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Mentan Amran: Mau Kaya, Jadi Petani!

Astri Sofyanti   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: