2.000 Petugas Dikerahkan Padamkan Kebakaran Hutan di Portugal

TrubusNews
Astri Sofyanti
22 Juli 2019   11:30 WIB

Komentar
2.000 Petugas Dikerahkan Padamkan Kebakaran Hutan di Portugal

Ilustrasi kebakaran hutan di Portugal (Foto : Reuters)

Trubus.id -- Kebakaran hutan yang terjadi di wilayah pegunungan di Portugal, memaksa otoritas setempat mengerahkan hampir 2.000 petugas pemadam, helikopter dan ratusan kendaraan. Otoritas setempat menyatakan bahwa kebakaran terjadi Minggu (21/7).

Sebanyak 1.700 petugas pemadam kebakaran dan 400 kendaraan dikerahkan untuk memadamkan api di wilayah hutan lebat Castelo Branco, 200 kilometer sebelah utara Lisbon.

Kementerian dalam negeri menyatakan sebanyak 20 orang mengalami luka-luka aibat insiden tersebut, termasuk delapan petugas pemadam kebakaran dan 12 warga sipil. Dilaporkan pula, seorang warga sipil yang mengalami luka bakar parah diungsikan dengan helikopter ke Lisbon.

Baca Lainnya : Jokowi Kalah di MA Karena Kebakaran Hutan, Begini Desakan Aktivis

Ini menjadi upaya terbesar untuk memerangi kebakaran di Portugal, dengan 800 petugas pemadam, 245 kendaraan, dan 13 pesawat dan helikopter, diterjunkan untuk memadamkan api di kotamadya Vila de Rei.

"Api itu tetap aktif," kata Menteri Dalam Negeri Eduardo Cabrita, seperti dikutip AFP, Senin (22/7).

Sementara itu, polisi mengaku menangkap seorang pria berusia 55 tahun di Castelo Branco. Diduga pria tersebut membakar hutan di pinggiran kota.

"Pihak berwenang sedang menyelidiki apakah kebakaran terjadi karena kesengajaan," ujar Cabrita.

Baca Lainnya : 5 Provinsi Tetapkan Status Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan

"Penyebab kebakaran sedang diselidiki, ada sesuatu yang aneh. Bagaimana mungkin lima kebakaran besar terjadi di daerah yang begitu dekat satu sama lain?" tambahnya.

"Sulitnya medan turut mengambat petugas dalam mengendalikan api, kami belum berhasil mengendalikan api di Vila de Rei, tetapi hanya memadamkan sekitar 60 persennya, meskipun angin sepoi-sepoi bertiup," Kepala Perlindungan Sipil wilayah itu, Luis Belo Costa

Militer menyatakan mengirim 20 tentara dan mesin untuk membuka rute guna memfasilitasi akses bagi para pemadam kebakaran.

Dua kebakaran hutan lainnya yang dilaporkan terjadi pada Sabtu lalu sudah berhasil dikendalikan.

Lima wilayah di Portugal bagian tengah dan selatan berada dalam kondisi siaga kebakaran maksimum pada Minggu (21/7) akibat cuaca kering dan berangin.

Pada 2017 lalu, wilayah tersebut juga menjadi lokasi kebakaran yang menyebabkan lebih dari 100 orang meninggal dunia. [NN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Kabut Asap Beracun Selimuti Australia Bagian Timur

Peristiwa   10 Des 2019 - 19:26 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: