Gunung Panderman Terbakar, BPBD Pastikan Tidak Ada Pendaki Terjebak

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
22 Juli 2019   12:30

Komentar
Gunung Panderman Terbakar, BPBD Pastikan Tidak Ada Pendaki Terjebak

Kawasan hutan Gunung Panderman, Kota Batu, Jawa Timur terbakar Minggu (21/7/19) malam (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kawasan hutan yang berada di lereng Gunung Panderman yang berada di Kota Batu, Jawa Timur terbakar, Minggu (21/7) malam sekitar pukul 19.45 WIB. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu menyatakan bahwa pemadaman api baru dilakukan sejak pagi tadi, Senin (22/7).

Pemadaman dilakukan tim gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Perhutani, Palang Merah Indonesia dan para relawan dengan titik kumpul di Pos Pendakian Gunung Panderman.

Sejak Minggu malam, BPBD terus memantau agar kebakaran lereng Gunung Panderman tak menjalar ke permukiman warga.

Baca Lainnya : Ngeri, 124 Hektare Hutan Terbakar di Pekanbaru Belum Bisa Teratasi

"Upaya pemadaman akan mulai dilakukan Senin (22/7), dengan mengutamakan hutan produksi. Hal ini dilakukan untuk mencegah api semakin membesar, karena getah pinus yang mudah terbakar," kata Kepal Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim.

Lebih lanjut dirinya mengatakan untuk memadamkan api di lereng Gunung Panderman tersebut, pihaknya mengumpulkan para personel di Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu. Selain itu, pihaknya juga mengatakan bahwa jalur pendakian telah ditutup total.

"Di lokasi titik kumpul akan dilakukan koordinasi dan kaji cepat untuk menentukan rencana operasi pemadaman," kata Rochim, mengutip Ataranews, Senin (22/7).

Pihak BPBD Kota Batu, melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk mengambil langkah operasi pemadaman api.

Baca Lainnya : 511 Ha Lahan dan Hutan Terbakar  di Banjarbaru Sepanjang 2018

Berdasarkan laporan terakhir pada pukul 22.00 WIB, BPBD menyatakan bahwa sudah tidak ada pendaki yang berada di Gunung Panderman. Semua pendaki, sudah berada di Pos Pantau Gunung Panderman dan dalam kondisi aman.

"Menurut data dari Pos Pantau Gunung Panderman sudah tidak ada lagi pendaki yang berada di jalur pendakian Gunung Panderman," jelas Rochim.

Dirinya mengungkapkan, dua pendaki terakhir yang turun ke Pos Pantau Gunung Panderman adalah Much. Adnan Fanani dan Firgiawan Listanto yang berasal Kabupaten Mojokerto.[NN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


jesica oktavia 22 Juli 2019 - 16:10

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Mentan Amran: Mau Kaya, Jadi Petani!

Astri Sofyanti   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: