100.000 Warga Terjangkit, Filipina Nyatakan Darurat Nasional Demam Berdarah

TrubusNews
Syahroni
21 Juli 2019   11:00 WIB

Komentar
100.000 Warga Terjangkit, Filipina Nyatakan Darurat Nasional Demam Berdarah

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pejabat kesehatan di Filipina mengumumkan keadaan darurat nasional minggu ini setelah memecahkan 106.630 kasus demam berdarah yang dilaporkan sejak Januari.

Sekretaris Kesehatan, Francisco T. Duque III mengeluarkan peringatan awal pekan ini setelah menunjuk ke beberapa daerah yang mengalami peningkatan 85 persen pada penyakit ini jika dibandingkan dengan angka tahun lalu.

Baca Lainnya : 10 Jenis Makanan yang Paling Tepat untuk Pasien Demam Berdarah

"Dari 1 Januari hingga 29 Juni tahun ini, sebagian besar kasus berasal dari Visayas Barat (13.164), Calabarzon (11.474), Visayas Tengah (9.199), Soccsksargen (9.107), dan Northern Mindanao (8.739)," kementerian kesehatan mengatakan dalam sebuah pernyataan dilansir dari Fox News.

Kasus demam berdarah nasional sekarang mencapai angka kumulatif 106.630. Ini 85 persen lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Lonjakan kasus biasanya terjadi setiap 3-4 tahun dengan peningkatan terakhir yang diketahui terjadi pada 2016, kata Duque, menjadikan angka tahun ini seperti yang diharapkan.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Demam berdarah umum terjadi di lebih dari 100 negara dan, rata-rata, sekitar 400 juta orang akan terinfeksi penyakit ini setiap tahun. Dari jumlah itu, 100 juta akan sakit dan 22.000 akan meninggal karena infeksi.

Baca Lainnya : Khasiat Daun Pepaya untuk Membantu Penyembuhan Demam Berdarah

Virus ini biasanya menyebar melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi. Gejalanya meliputi mual, muntah, ruam, dan nyeri serta nyeri. Tidak ada obat atau pengobatan untuk penyakit yang diketahui.

Para pejabat kesehatan memperingatkan masyarakat untuk menerapkan "strategi 4S" yang mendorong mereka untuk "mencari dan menghancurkan tempat-tempat pengembangbiakan nyamuk." Ia juga menyarankan mereka untuk memakai baju lengan panjang dan memakai obat nyamuk, dan jika ada gejala yang muncul, mereka harus segera berkonsultasi dengan dokter. [RN]
 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: