Telan Biaya Setengah Miliar Rupiah, Instalasi Bambu "Getah Getih" di Bundaran HI Dibongkar

TrubusNews
Binsar Marulitua
18 Juli 2019   13:00 WIB

Komentar
Telan Biaya Setengah Miliar Rupiah, Instalasi Bambu "Getah Getih" di Bundaran HI Dibongkar

Instalasi bambu "Getih Getah" (Foto : Trubus.id/Binsar Marulitua)

Trubus.id -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah membongkar instalasi bambu "Getih Getah" yang dipasang di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat. Pembongkaran dilakukan sejak Rabu, (17/7/2019) malam.

Berdasarkan pantauan Trubus.id di lokasi pada pukul 10.30 WIB, tempat instalansi bambu tersebut dipajang sudah kosong. Kini, pada sekitar lokasi awal  hanya terlihat tumbuhan yang menghiasi bekas tempat bambu tersebut. 

Seorang pedagang minuman dengan sepeda yang juga warga Petojo Enclek, Jakarta Pusat bernama Rusadi (42) mengatakan, bahwa pembongkaran dilakukan sekitar pukul 22.00 WIB. Ia membeberkan saat hendak pulang melihat petugas sedang membawa sampah instalasi tersebut menggunakan beberapa truk.

"Waktunya sekitaran pukul sepuluhan malam. Ada petugas bebersihin diangkut truk, tapi gak tahu pasti jumlah, banyak pokoknya," jelasnya. 

Baca Lainnya : Pemprov DKI Jakarta Klaim Pendangkalan Waduk Pluit Hanya Sebagian Kecil 

Kepala Dinas Kehutanan Pertamanan dan Pemakaman Provinsi DKI Jakarta, Suzi Marsitawati mengungkap alasan pembongkaran instalasi bambu "Getih Getah" dibongkar.

Selain karena karena warnanya sudah usang dan tak elok dipandang lagi,  instalansi tersebut dinilai sudah rapuh dan dikhawatirkan mengganggu keselamatan jika  rubuh. 

"Nantinya akan diganti dengan instalansi lainnya," jelas Suzi ketika dihubungi. 

Suzi menjelaskan, untuk sementara pihaknya akan menanam border semak di lokasi patung getah getih yang sudah dibongkar.

Sebagai informasi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuat instalasi seni bambu tersebut dalam rangka menyambut perhelatan Asian Games 2018. Biaya pembuatan serta pemasangan instalasi seni bambu tersebut menelan biaya hingga Rp550 juta. 

Instalasi seni bambu tersebut merupakan hasil karya dari seniman Joko Avianto. Biaya pembuatan serta pemasangan instalasi seni bambu itu menelan biaya Rp 550 juta yang berasal dari 10 BUMD DKI dengan sistem konsorsium.

Baca Lainnya : Gubernur DKI Jakarta Jelaskan Pemberian IMB di Pulau Reklamasi

Anies menambahkan, ide instalasi bambu ini bermula pada Oktober 2015 saat ia menghadiri Frankfurt Book Fair.

"Salah satu yang ditunjukkan di sana adalah karya bambu dari Pak Joko, Mas Joko ini. Lalu saya minta Mas Joko untuk membuat instalasi di Jakarta," kata Gubernur DKI Anies Baswedan di Velodrome, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu. [NN]

  2


500 Karakter

Artikel Terkait

Aula SMKN 1 Sragen Ambruk Usai Diterjang Sragen

Peristiwa   20 Nov 2019 - 19:21 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: