Tahun 2020 Pulau Komodo Tertutup untuk Umum

TrubusNews
Thomas Aquinus
18 Juli 2019   12:30 WIB

Komentar
Tahun 2020 Pulau Komodo Tertutup untuk Umum

Pulau Komodo akan ditutup pada tahun 2020 (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Timur, Wayan Darmawa menyampaikan, bahwa penutupan Pulau Komodo yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) pada awal tahun 2020 sudah pasti akan ditutup.

 "Soal penutupan Pulau Komodo, itu sudah pasti. Tahun depan kami sudah putuskan akan menutup Pulau Komodo," ujar Wayan di Jakarta, Rabu (17/7).

Bahkan, disampaikan Wayan, Presiden Joko Widodo juga telah setuju dengan penutupan tersebut kawasan pulau Komodo.

Baca Lainnya : Jumlah Komodo di TNK Tinggal 2.800 Ekor

Sebelumnya, saat melakukan kunjungan ke Labuan Bajo pada 10-11 Juli, Presiden Jokowi mengatakan akn ada pembatasan kunjungan wisatawan ke Pulau Komodo karena merupakan kawasan konservasi.

Oleh sebab itu, Jokowi meminta jika ada wisatawan yang ingin melihat komodo bisa melihat di Pulau Rinca yang lokasinya masih berada di kawasan Taman Nasional Komodo.

Sementara itu, sudah sejak awal Gubernur NTT Viktor B Laiskodat menuturkan akan mengucurkan anggaran sebesar Rp 100 miliar untuk merehabilitasi Pulau Komodo.

Baca Lainnya : Prioritaskan Konservasi, Jokowi Ingin Wisatawan ke Pulau Komodo Dibatasi

"Kami akan merehabilitasi Pulau Komodo. Kami siapkan makanannya seperti rusa, kambing dan kebutuhan komodo agar mereka tak saling serang, yang berujung pada kepunahan komodo itu sendiri," ujarny dikutip Antaranews.

Wayan menyampaikan, bahwa penutupan Pulau Komodo akan dilakukan selama satu tahun dengan tujuan memulihkan dan melakukan konservasi terhadap Taman Nasional Komodo.


 
 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: