Pemerintah RD Kongo Konfirmasi Adanya Temuan Kasus Ebola di Kota Goma

TrubusNews
Syahroni
15 Juli 2019   19:00 WIB

Komentar
Pemerintah RD Kongo Konfirmasi Adanya Temuan Kasus Ebola di Kota Goma

Virus Ebola telah menyebar ke kota Goma yang memiliki populasi lebih dari satu juta orang (Foto : Reuters)

Trubus.id -- Pemerintah Republik Demokratik Kongo telah mengkonfirmasi kasus pertama Ebola di kota timur Goma, rumah bagi lebih dari satu juta orang, dilansir dari BBC, Senin (15/7).

Kementerian kesehatan mengkonfirmasi bahwa seorang pendeta dinyatakan positif mengidap virus di sebuah pusat di Goma setelah tiba di sana dengan bus pada hari Minggu (14/7) kemarin. Pendeta melakukan perjalanan 200 km (125 mil) ke Goma dengan bus dari Butembo, tempat ia pernah bersama orang-orang dengan Ebola.

Dikatakan bahwa sopir bus dan 18 penumpang lainnya akan divaksinasi pada hari Senin. Kementerian kesehatan Goma telah bersiap untuk wabah. Pada November tahun lalu, ia meluncurkan kegiatan persiapan dan respons. Tiga ribu petugas kesehatan di kota itu telah divaksinasi.

Meski begitu Kementerian setempat mengatakan bahwa risiko penyebaran penyakit rendah.

Baca Lainnya : Wabah Baru Ebola Menulari Perawat Rumah Sakit

"Karena kecepatan di mana pasien telah diidentifikasi dan diisolasi, serta identifikasi semua penumpang dari Butembo, risiko penyebaran ke seluruh kota Goma tetap rendah." terang Kementerian kesehatan RD Kongo mengatakan dalam sebuah pernyataan:

Lebih dari 1.600 orang telah meninggal sejak wabah Ebola dimulai di Kongo timur tahun lalu. Wabah Ebola terbesar adalah di Afrika Barat pada 2014-16 dan mempengaruhi 28.616 orang terutama di Guinea, Liberia dan Sierra Leone. Sekitar 11.310 orang meninggal.

Ebola menginfeksi manusia melalui kontak dekat dengan hewan yang terinfeksi, termasuk simpanse, kelelawar buah dan kijang hutan. Kemudian dapat menyebar dengan cepat, melalui kontak dengan bahkan sedikit cairan tubuh dari mereka yang terinfeksi - atau secara tidak langsung melalui kontak dengan lingkungan yang terkontaminasi.

Apa itu Ebola?

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kabut Asap Beracun Selimuti Australia Bagian Timur

Peristiwa   10 Des 2019 - 19:26 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: