Skema Unik Gujarat Atasi Polusi Udara, Jadi Percontohan untuk Negara Lain

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
12 Juli 2019   21:30

Komentar
Skema Unik Gujarat Atasi Polusi Udara, Jadi Percontohan untuk Negara Lain

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Polusi udara berkontribusi pada kematian setidaknya 1,2 juta orang di India pada tahun 2017. Namun berbagai upaya dilakukan untuk memeranginya. Salah satunya kini diterapkan diGujarat. Hebatnya, skema percontohan unik untuk memerangi polusi udara itu kini menjadi model bagi negara lainnya. 

Konsentrasi partikel kecil (dikenal sebagai PM2.5) di India adalah delapan kali standar Organisasi Kesehatan Dunia. Partikel-partikel ini sangat kecil sehingga mereka dapat masuk jauh ke dalam paru-paru dan membuat orang rentan terhadap penyakit pernapasan dan kardiovaskular, membuatnya sangat mematikan.

Dilansir dari BBC, polusi udara di India disebabkan oleh asap dari memasak di atas kayu atau kotoran di dalam desa, dan kombinasi dari lalu lintas knalpot, jelaga dan debu konstruksi dan emisi pabrik di kota-kota.

Baca Lainnya : Swedia Kembangkan Teknologi Sensor Baru untuk Ukur Polusi Udara

Sekarang Gujarat telah meluncurkan program "topi dan perdagangan" pertama di dunia untuk mengekang polusi udara partikulat.

Sederhananya, pemerintah menetapkan batas emisi dan memungkinkan pabrik membeli dan menjual izin untuk tetap di bawah batas tersebut.

Skema ini diluncurkan di kota industri Surat yang padat, tempat pabrik tekstil dan pewarna merupakan sumber utama polusi. Sejak 2011, otoritas pengendalian pencemaran lokal telah bekerja pada dampak perdagangan emisi di Surat, bersama dengan Universitas Chicago dan Universitas Harvard.

Bagaimana cara kerja program ini?

Komoditas dasar dalam sistem perdagangan emisi adalah partikel, yang dipancarkan oleh industri melalui tumpukan asapnya. Di bawah sistem perdagangan emisi, industri harus memegang izin untuk setiap unit partikel yang mereka keluarkan, dan harus mematuhi standar yang ditentukan yaitu sebesar 150 miligram per meter kubik bahan partikel yang dilepaskan di atmosfer.

Meskipun industri dapat memperdagangkan izin di antara mereka sendiri, jumlah total izin ini adalah tetap, sehingga standar polusi udara terpenuhi.

Baca Lainnya : Perangkat Mungil Ini Sanggup Bersihkan Udara yang Tercemar Polusi

Sebagai contoh, sebuah industri yang merasa murah untuk mengurangi emisi cenderung untuk terlalu mematuhi standar - ini akan memungkinkan mereka untuk menjual izin berlebihnya ke industri lain yang merasa lebih mahal untuk mengurangi emisi.

Kedua industri diuntungkan dengan mengurangi total biaya kepatuhan mereka, sementara total emisi dipertahankan konstan.

Yang penting, sistem perdagangan ini memberikan insentif kepada perusahaan untuk menemukan cara untuk mengurangi emisi karena mereka dapat menjual pengurangan tambahan apa pun kepada perusahaan lain.

Insentif ini telah terbukti mendorong perusahaan untuk berinovasi sehingga mereka menemukan cara baru dan murah untuk mengurangi emisi mereka. Standar ini akan digunakan untuk mengatur emisi keseluruhan dari semua industri yang berpartisipasi dalam program percontohan. [RN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Cindy Tanaka 13 Juli 2019 - 19:40

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: