Era Industri 4.0 Menuntut Koperasi Beradaptasi dengan Cepat

TrubusNews
Thomas Aquinus | Followers 2
12 Juli 2019   07:00

Komentar
Era Industri 4.0 Menuntut Koperasi Beradaptasi dengan Cepat

Ilustrasi (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan mengungkapkan, di era industri 4.0 saat ini Koperasi dituntut beradaptasi dengan cepat mengikuti perkembangan zaman agar mampu bersaing dan berkembang dengan baik.

"Kami optimistis koperasi akan bisa beradaptasi dengan era industri 4.0," ujarnya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis (11/7).

Diakui Rully, di era industri 4.0 yang semakin dinamis saat ini menuntut pembangunan karakter kreatif dan inovatif bagi insan penggerak koperasi.

Menurutnya, tantangan di depan mata yang dihadapi perkoperasian di Indonesia yaitu perubahan gaya hidup.

Baca Lainnya : Koperasi Kopi Bandung Sukses Tembus Pasar Dunia

"Misalkan gaya hidup generasi milenial yang begitu cepat akibat perkembangan teknologi informasi, robotik dan arus komunikasi yang sangat pesat," ujarnya.

Dirinya menyampaikan, Kementerian Koperasi dan UKM saa ini juga terus berupaya mendorong koperasi untuk menghadapi era industri 4.0 melalui berbagai program strategis.

"Misalkan melalui reformasi total koperasi yang meliputi reorientasi, rehabilitasi, dan pengembangan koperasi," ujar rully yang berharap reformasi tersebut dapat mendorong koperasi makin tumbuh berkembang dan makin berkualitas.

Baca Lainnya : Kemenkop UKM Ungkap 3 Pola Kerja Sama Pembangunan Koperasi

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid mengungkapkan, koperasi adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat.

"Dampak keberadaan koperasi sangat luas dan tidak sederhana, karena itu sangat penting untuk terus dikembangkan," ujarnya dilansir Antaranews.

Dirinya juga mengingatkan agar pentingnya sistem digital. Perlu diperhatikan bahwa di tengah dinamika ekonomi digital saat ini, generasi milenial koperasi perlu bergerak cepat agar makin banyak koperasi yang menerapkan sistem digital. Baik untuk pembukuan, transaksi, promosi produk.

Pada saat ini, kata dia, telah ada koperasi yang melakukan rapat anggota secara "daring". [NN]    

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: