Antisipasi Kekeringan, PDAM Imbau Masyarakat Kota Bandung Bijak Gunakan Air

TrubusNews
Thomas Aquinus
11 Juli 2019   11:30 WIB

Komentar
Antisipasi Kekeringan, PDAM Imbau Masyarakat Kota Bandung Bijak Gunakan Air

Ilustrasi PDAM (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dalam rangka mengantisipasi kekeringan, Kepala Sub Bidang Humas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Wening Kota Bandung, Muhamad Indra Pribadi mengimbau masyarakat untuk bijak menggunakan air.

"Memang kita sekarang sudah mulai musim kemarau, sudah terasa, ini siklus cuaca setiap tahunnya, tidak bisa hindari. Krisis air bisa terjadi kapan saja, apalagi kekeringan telah terjadi di sejumlah daerah imbas dari musim kemarau.," ujar Indra di Kantor PDAM Tirta Wening, Jalan Badak Singa, Kota Bandung, Rabu (10/7).

Disebutkannya, pihak PDAM hanyalah operator pelayanan distribusi air kepada masyarakat. Air yang didistribusikan berasal dari air baku yang diolah menjadi air bersih.

Baca Lainnya : KLHK Giatkan Patroli Terpadu Jelang Puncak Musim Kemarau

"Kalau misalnya tidak ada air baku, kita tidak bisa mengolah, dan ini yang harus dipahami oleh masyarakat bahwa PDAM itu tidak membuat air," ujarnya.

Selain itu, dirinya juga mengimbau kepada masyarakat pelanggan PDAM agar memiliki penyimpanan air seperti tangki bawah tanah, maupun tangki biasa.

"Mudah-mudahan tidak terjadi (krisis air), tetapi jika terjadi, setidaknya kita sudah mempunyai persiapan persediaan air jika memiliki tangki," ujarnya.

Namun tidak dipungkiri dirinya mengakui bahwa untuk menghemat air kembali kepada perilaku pribadi masyarakat masing-masing.

Baca Lainnya : Kementan: Kemarau Jadi Momentum Menaikkan Luas Tambah Tanam di Lahan Rawa

"Jadi PDAM semaksimal mungkin kalau sudah memasuki masa kemarau, kita melakukan pengurasan intake-intake (serapan air) kita, agar bisa memaksimalkan debit yang ada," ujarnya.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak kemarau tahun 219 akan terjadi pada bulan Agustus. Daerah Jawa Barat sendiri termasuk kedalam kategori awas. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: