Slamet Ramadhan si Macan Kumbang Jadi Penghuni Baru Gunung Ciremai

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
10 Juli 2019   13:00

Komentar
Slamet Ramadhan si Macan Kumbang Jadi Penghuni Baru Gunung  Ciremai

BBKSDA Jawa Barat Melepasliarkan seekor macan tutul hitam (panthera pardus melas) di Kawasan Nasional Gunung Ciremai, Kuningan, Selasa (9/7/2019). Macan kumbang bernama Slamet Ramadhan ini tertangkap warga saat masuk perkampungan di Desa Sindangari, Kecamatan Kasomalang, Subang pada  (1/6/2019). (Foto : Dokumentasi KLHK)

Trubus.id -- Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat melepasliarkan satu ekor macan tutul hitam (panthera pardus melas) di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, Kuningan, Selasa (9/7/2019).

Macan kumbang bernama Slamet Ramadhan ini tertangkap warga saat masuk perkampungan di Desa Sindangari, Kecamatan Kasomalang, Subang pada  (1/6/2019).

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, KLHK, Wiratno menyatakan bahwa macan tersebut harus segera dilepasliarkan supaya sifat liarnya masih ada. Akan tetapi karena lokasi pelepasliaran terbatas, jadi perlu dipadupadankan supaya ruang habitat satwa dan manusia bisa menjadi selaras dan hidup berdampingan secara harmonis.

“Identifikasi mitra di sekitar lokasi pelepasliaran terlebih dahulu perlu dilakukan terutama yang mempunyai informasi tentang persepsi masyarakat serta mampu mensosialisasikan pada tokoh-tokoh masyarakat sekitar agar bisa menerima hidup berdampingan dengan satwa tersebut," jelas Wiratno.

Sementara itu, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati, KLHK, Indra Exploitasia, menjelasakan bahwa upaya percepatan tahapan pelepasliaran telah dilakukan secara paralel mulai dari pembentukan tim, asesmen ekologi dan sosial masyarakat, sosialisasi formal dan informal, serta rencana monitoring pasca pelepasliaran. “Pelepasliaran harus melibatkan mitra dari desa-desa terdekat. Upaya–upaya tersebut melibatkan multipihak dan merupakan pembelajaran yang luar biasa”, ujar Indra.

Hal senada diutarakan oleh Kepala BBKSDA Jawa Barat, Amy Nurwaty. Menurut Amy tahapan dan penanganan lanjutan telah berjalan menggembirakan. Kondisi terkini hasil observasi menunjukkan macan dalam kondisi sehat dan siap dilepasliarkan.

Kuswandono, Kepala Balai TN Gunung Ciremai menerangkan bahwa site Leuweung Saeutik Blok Gunung Dulang, Seksi Pengelolaan TN Wilayah I Kuningan, TN Gunung Ciremai sebagai lokasi pelepasliaran telah dinyatakan kompeten dan cocok untuk habitat baru macan.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: