Kemenkes Pastikan, Tak Ada Kasus Baru Hepatitis A di Pacitan

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
09 Juli 2019   16:00

Komentar
Kemenkes Pastikan, Tak Ada Kasus Baru Hepatitis A di Pacitan

Ilustrasi Virus Hepatitis A (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan menyatakan status Kejadian Luar Biasa (KLB) Hepatiis A yang mewabah di wilayah tersebut. Ditetapkannya status KLB setelah ratusan warga Pacitan, Jawa Timur terjangkit penyakit Hepatitis A yang menyerang hati. Namun kini, tidak ada kasus baru yang dilaporkan lagi.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Wiendra Waworuntu menyatakan bahwa per tanggal 8 Juli 2019 tidak ada kasus baru Hepatitis A di Pacitan. Kementerian Kesehatan mencatat jumlah warga yang posotif terjangkit Hepatitis A di Pacitan sebanyak 1.102 kasus.

Baca Lainnya : Sanitasi Buruk Jadi Penyebab Lain KLB Hepatitis A di Pacitan

Sementara itu, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono beberapa waktu lalu mengatakan, mewabahnya Hepatitis A yang menjangkit ratusan warga diduga akibat tercemarnya sumber air minum.

Wiendra menjelaskan, dari total akumulasi jumlah kasus Hepatitis A sejak 28 Mei 2019 lalu, sebaran tersebut terbagi di 9 kecamatan di Kabupaten Pacitan, ke 9 kecamatan tersebut meliputi Sudimoro 583 pasien, Sukorejo 116 pasien, Ngadirojo 192 pasien, Wonokarto 63 pasien, Tulakan 73 pasien, Bubakan 29 pasien, Arjosari 34 pasien, Tegalombo 6 pasien, dan Ketrowonojoyo 6 pasien.

Baca Lainnya : Pacitan KLB Hepatitis A, Kemenkes Duga Pencemaran Air Media Penularannya

“Sampai kemarin, jumlah pasien yang dirawat menurun drastis hanya menyisakan tiga orang, dua orang di Puskesmas Ngadirojo, dan satu orang di Rumah Sakit Darsono,” kata Wiendra di Kantor Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (9/7).

Lebih lanjut Wiendra menjelaskan bahwa penyakit Hepatitis A sebenarnya tidak memerlukan perawatan khusus jika pasien mengonsumsi obat dan menjaga asupanan makanan bergizi. [RN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


jesica oktavia 09 Juli 2019 - 21:12

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: