Tambah Alat Ukur Kualitas Udara, Pemprov DKI Jakarta Anggarkan Dana Rp5 Miliar

TrubusNews
Syahroni
08 Juli 2019   22:00 WIB

Komentar
Tambah Alat Ukur Kualitas Udara, Pemprov DKI Jakarta Anggarkan Dana Rp5 Miliar

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Jakarta secara konsisten menempati peringkat di antara 10 kota paling tercemar di dunia, menurut Air Visual, sebuah kelompok yang berbasis di Swiss yang memantau kualitas udara. Tingkat polusi di kota lebih dari 10 juta telah melonjak dalam beberapa pekan terakhir hingga hampir lima kali lipat dari yang direkomendasikan oleh Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA).

Menanggapi kondisi ini, Gubernur DKI Jakarta pun sudah menyiapkan berbagai langkah untuk memperbaikinya. Setelah sebelumnya keluar dengan wacana uji emisi, Anis juga berencana menambah alat ukur udara di beberapa titik di Jakarta. Alat ukur kualitas udara di Jakarta saat ini disebut baru ada 8 dan tersebar di beberapa titik.

Baca Lainnya : Polusi Udara di Jakarta Kian Memburuk, Aktivis Tuntut Presiden Jokowi

"Kita akan menyiapkan alat-alat ukur kualitas udara, karena hari ini, kalau kita ditanya balik bilang kualitas udara buruk, maka kita hanya bisa menentukan paling 10 titik. 15 titik maksimal di Jakarta," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, belum lama ini.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta, Andono Warih menjelaskan, target Pemprov semua wilayah di Jakarta dipasangkan alat pengukur kualitas udara agar bisa mengetahui kualitas udara di Jakarta secara keseluruhan. Setidaknya, menurut Andono, idealnya Jakarta perlu 25 alat pengukur kualitas udara.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Pemprov DKI akan menyiapkan anggaran senilai Rp5 miliar. 

"Kalau yang sekarang ini sekitar Rp5 M. Tepatnya nanti tanya yang di lab, tapi yang beberapa tahun lalu, Rp5 M satu setnya untuk PM 2,5. Jadi ada 6 parameter (alat yang dimiliki) ada PM 10, PM 2,5, SO2 kemudian NO, CO, Ozon," ucap Andono di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (8/7). 

Baca Lainnya : Polusi Udara Jakarta Jadi yang Terburuk di Dunia, Ini Respon Gubernur DKI

Particulate matter (PM) adalah istilah untuk partikel padat atau cair yang ditemukan di udara. Satuan ini biasanya dipakai untuk pengukuran udara. Saat ini, Pemprov DKI sudah memiliki 8 alat ukur kualitas udara. Dua alat tambahan akan dibeli tahun ini dan 8 alat lagi direncanakan dibeli pada 2020. 

"(Tahun ini) ada 2 kalau nggak salah. Kalau nggak salah tahun depan 8. Jadi kita sudah lebih dari minimal 13 (alat)," ucap Andono. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: