Kepala BNPB Sebut Kondisi Sutopo Sempat Membaik Sebelum Meninggal

TrubusNews
Astri Sofyanti
08 Juli 2019   08:36 WIB

Komentar
Kepala BNPB Sebut Kondisi Sutopo Sempat Membaik Sebelum Meninggal

Kapusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho (Foto : Trubusid/Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Doni Monardo menyatakan, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho sebelum menghembuskan napas terakhirnya kondisinya sempat membaik.

Sutopo dinyatakan meninggal dunia ketika menjalani perawatan akibat penyakit kanker paru-paru yang dideritanya di Guangzhou St. Stamford Modern Cancer Hospital, China. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB itu meninggal, Minggu (7/7) sekitar pukul 02.00 waktu Guangzhou, setalah tiga minggu perawatan.

"Tiga minggu Pak Topo berada di Guangzhou St. Stamford Modern Cancer Hospital, beberapa hari terakhir menunjukkan kemajuan, penyembuhan," kata Doni ketika mengantar jenazah ke rumah duka di Perumahan Raffles Hills, Kota Depok, Jawa Barat, Minggu (7/7) malam, mengutip Antaranews.

Baca Lainnya : Kapusdatin BNPB Sutopo Purwo Nugroho Meninggal Dunia

Doni mengatakan, sebelum berobat ke Guangzhou, Sutopo sempat menerima penanganan dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto. Pihak Rumah Sakit telah menugaskan doker-dokter terbaik untuk merawat Sutopo. Tapi, hampir dua tahun menerima penanganan, kondisinya tidak juga membaik.

Kepergiannya yang begitu cepat bukan hanya membuat rasa kehilangan keluarga besarnya saja tapi banyak pihak lainnya. Sebab, selama ini Sutopo dikenal sebagai sosok yang berdedikasi tinggi dalam pekerjaannya khususnya menginformasikan terkait kejadian bencana kepada masyarakat secara cepat dengan data yang akurat.

"Dalam kondisi menderita sakit masih senantiasa menjalani tugasnya, dengan segala kemampuan yang dimiliki untuk menginformasikan kebencanaan. Pak Topo bekerja dengan hati," tegas Doni.

Sebagai informasi, jenazah Sutopo akan dimakamkan di tanah kelahirannya, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (8/7) pada pukul 09.30 WIB. [NN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Presiden Jokowi Siapkan Labuan Bajo untuk Pertemuan G20

Peristiwa   20 Jan 2020 - 17:21 WIB
Bagikan:          
Bagikan: