Gubernur California Nyatakan Status Darurat Setelah Gempa 7,1 Melanda

TrubusNews
Syahroni
07 Juli 2019   20:00 WIB

Komentar
Gubernur California Nyatakan Status Darurat Setelah Gempa 7,1 Melanda

Seorang karyawan berdiri di belakang meja pompa bensin dan toko minuman keras di tengah botol-botol yang jatuh setelah gempa bumi di Ridgecrest, California, pada 6 Juli. (Foto : Étienne Laurent/EPA)

Trubus.id -- Tim penyelamat di California terus mendata kerusakan pada bangunan yang retak dan terbakar, jalan rusak, saluran air dan gas bocor, dan infrastruktur lainnya pada hari Sabtu setelah gempa bumi terbesar yang pernah terjadi di wilayah itu dalam hampir 20 tahun dari Sacramento ke Meksiko.

Gubernur California, Gavin Newsom pun menyatakan keadaan darurat dan memperingatkan warga agar waspada terhadap gempa baru, setelah bagian selatan negara bagian itu dilanda gempa bumi signifikan kedua dalam beberapa hari belakangan.

"Bersyukur untuk semua orang yang bekerja tanpa lelah pada upaya pemulihan sepanjang malam dan pagi ini," tulis Newsom di Twitter. "Sebagai warga California, kita harus selalu siap menghadapi gempa bumi berikutnya." tulisnya lagi.

Newsom juga meminta deklarasi darurat presiden, yang akan membuka dana federal untuk dukungan masyarakat yang terkena dampak. Memperbarui wartawan pada hari Sabtu, Newsom mengatakan gempa adalah "panggilan bangun" untuk negara bagian AS.

Baca Lainnya : Gempa 6,9 SR Kembali Guncang California, Yang Terkuat dalam 20 Tahun Terakhir

Penduduk Ridgecrest, sebuah kota sekitar 27.000 150 mil timur laut Los Angeles, terbangun karena kerusakan baru setelah gempa 7,1 skala Richter melanda ketika kegelapan turun pada hari Jumat, menyentak area tersebut setelah gempa 6,4 melanda 34 jam sebelumnya. Kepala pemadam kebakaran daerah Kern, David Witt, mengatakan tidak ada korban jiwa yang diketahui tetapi kerusakan belum sepenuhnya dinilai.

"Kami memang merasa ada kerusakan tetapi kami belum tahu sejauh mana kerusakan itu," kata Witt pada konferensi pers, dilansir dari CNN. "Tidak ada yang terjebak, tidak ada yang runtuh besar yang kita tahu, tetapi kita di luar sana mencari." terangnya lagi.

Witt mengatakan para pejabat sedang memeriksa bangunan dan korps insinyur tentara AS sedang memeriksa bendungan terdekat.

Sementara itu, tepat di barat laut Ridgecrest, stasiun senjata udara angkatan laut AS China Lake dievakuasi dari semua personel Fasilitas, yang lebih dari 1,1 juta hektar lebih besar dari negara bagian Rhode Island, melaporkan tidak ada korban luka, kata Reuters. Stasiun itu mengatakan dalam posting Facebook operasi normal dihentikan sampai pemberitahuan lebih lanjut. Tidak jelas kapan mereka akan melanjutkan.

Baca Lainnya : Gempa M 6,4 Guncang California, Ganggu Saluran Air dan Listrik

Para ahli memperingatkan bahwa California selatan dapat mengalami goncangan yang lebih signifikan dalam waktu dekat. Ada sekitar satu dari 10 peluang bahwa gempa 7,0 lainnya dapat menghantam dalam minggu depan dan kemungkinan gempa 5,0-magnit "mendekati kepastian", terang Lucy Jones, seismolog di California Institute of Technology dan mantan penasihat sains di Survei Geologi AS, kepada wartawan.

Dia menambahkan bahwa gempa baru mungkin pecah sepanjang sekitar 25 mil dari garis patahan dan merupakan bagian dari rangkaian yang berkelanjutan. Jones mengatakan kepada Los Angeles Times bahwa kesalahan yang menyebabkan gempa tampaknya semakin besar.

"Ini terjadi di ujung zona yang bergerak sebelumnya," katanya, menambahkan bahwa kesalahan sekarang 25 sampai 30 mil panjang dan "tumbuh".

Dalam beberapa jam setelah gempa 7,1, seismologis mencatat lebih dari 600 gempa susulan. Gempa itu diperkirakan tidak akan memicu kesalahan yang lebih besar termasuk San Andreas tetapi Jones mengatakan kepada Guardian California selatan harus mengharapkan lebih banyak gempa.

“Ini adalah gempa berkekuatan 6 pertama dalam 20 tahun. Itu interval terpanjang yang pernah kami miliki, "kata Jones. "Kita tahu bahwa 20 tahun terakhir adalah abnormal ... kita seharusnya mengharapkan lebih banyak gempa daripada yang kita alami baru-baru ini."

Baca Lainnya : BMKG Sebut Gempa California Terjadi Karena Patahan Kerak Dangkal

Dia menambahkan: "Kemungkinannya adalah, kita akan mengalami lebih banyak gempa bumi dalam lima tahun ke depan daripada yang pernah kita alami dalam lima tahun terakhir."

Kedua gempa itu merupakan yang paling kuat di kawasan itu sejak 1994, ketika gempa Northridge berkekuatan 6,7 melanda lembah San Fernando yang berpenduduk padat, menyebabkan 57 kematian dan miliaran dolar kerusakan.

Di Ridgecrest, sebagian besar kerusakan akibat gempa Kamis datang dari saluran gas yang pecah. Sekitar 3.000 orang tanpa listrik. Banyak yang mengatakan mereka akan tidur di luar daripada risiko tinggal di rumah mereka. Gempa pertama juga membuka tiga retakan melintasi jalur pendek negara bagian 178 di dekat kota kecil Trona.

Pada hari Sabtu Mark Ghilarducci, direktur kantor layanan darurat California, mengatakan Ridgecrest dan Trona menderita kebakaran struktur, kebocoran gas, pemadaman listrik, kerusakan jalan dan longsoran batu tetapi kerusakannya tidak seluas yang diharapkan. Dia mengatakan hampir 200 orang berada di tempat penampungan karena pekerjaan pembersihan sedang berlangsung di San Bernardino dan kabupaten Kern.

Walikota Ridgecrest, Peggy Breeden, mengatakan ada dua laporan pencurian setelah gempa. Beberapa "orang jahat" datang ke komunitas dan mencoba mencuri dari bisnis, kata Breeden.

Di Los Angeles, 150 mil jauhnya, gempa itu terasa di kantor-kantor di gedung pencakar langit yang diguncang setidaknya selama 30 detik. Di Stadion Dodger, kotak pers meluncur. Sejauh Las Vegas, pemain dan staf meninggalkan lapangan setelah gempa bumi terasa selama pertandingan liga musim panas NBA antara New York Knicks dan New Orleans Pelicans. Survei Geologi AS mengatakan itu juga dirasakan di Meksiko. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: