Konsumsi Suplemen Antioksidan Mempercepat Penyebaran Kanker Paru-paru?

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
07 Juli 2019   12:30

Komentar
Konsumsi Suplemen Antioksidan Mempercepat Penyebaran Kanker Paru-paru?

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kanker paru-paru seperti yang diindap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, tidak bisa dianggap remeh. Penyakit yang akhirnya mengalahkan Sutopo itu hingga kini masih diteliti di berbagai negara.

Beberapa tahun yang lalu, para ilmuwan di Swedia memicu perdebatan sengit ketika mereka mempublikasikan penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen antioksidan, seperti vitamin E, dapat membuat kanker ini lebih invasif. Pernyataan mereka menantang keyakinan bahwa antioksidan dapat membantu melawan kanker.

Sekarang, dua studi sel independen, satu dari Amerika Serikat dan lainnya dari Swedia, mengungkapkan bagaimana sel-sel kanker paru-paru dapat menggunakan antioksidan untuk membantu mereka memicu penyebarannya ke bagian lain dari tubuh.

Para peneliti mengantisipasi bahwa temuan ini akan mengarah pada perawatan baru untuk kanker paru-paru, yang membunuh lebih banyak orang di seluruh dunia daripada kanker lainnya.

Sel-sel kanker membutuhkan banyak gula, atau glukosa, untuk membantu mereka tumbuh dengan cepat dan bermetastasis, atau menyebar. Untuk memenuhi kebutuhan ini, mereka menggunakan proses pembuatan energi yang lebih cepat daripada yang digunakan sel non-kanker.

Kelemahan dari memiliki mekanisme energi yang lebih cepat ini adalah menghasilkan banyak molekul yang disebut radikal oksigen bebas yang menempatkan tekanan kimiawi yang signifikan pada sel.

Studi baru, yang dilakukan para peneliti menggunakan jaringan manusia dan tikus, mengungkapkan bagaimana sel-sel kanker paru-paru menggunakan antioksidan untuk menahan stres oksidatif dan berkembang.

Studi AS menunjukkan bagaimana dua mutasi genetik membantu sel-sel kanker paru-paru membuat antioksidan mereka sendiri untuk mengatasi stres oksidatif dan bermetastasis.

Studi Swedia menunjukkan bagaimana sel-sel kanker paru-paru menggunakan antioksidan dari makanan untuk mencapai hasil yang sama.

Antioksidan meningkatkan mekanisme metastasis

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 07 Juli 2019 - 17:26

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan: