Kapusdatin BNPB Sutopo Purwo Nugroho Meninggal Dunia

TrubusNews
Astri Sofyanti
07 Juli 2019   06:41 WIB

Komentar
Kapusdatin BNPB Sutopo Purwo Nugroho Meninggal Dunia

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho (Foto : Trubusid/Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia dini hari tadi di Guangzhou, China, Minggu (7/7/19), pukul 02.20 waktu setempat. Sutopo meninggal dunia saat tengah menjalani pengobatan kanker paru yang ia derita di St. Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, China. Ia bertolak ke Guangzhou sejak 15 Juni 2019 lalu karea kanker yang dideritanya tengah menyebar ke tulang dan beerapa organ vital lainnya.

Kabar meninggalnya Sutopo Sutopo meninggal pukul 02.00 waktu setempat. Kabar meninggalnya Sutopo itu disampaikan Direktorat Pengurangan Risiko Bencana (PRB) BNPB melalui Twitter resminya, Minggu (7/7/19).

"Telah meninggal dunia Bapak @Sutopo_PN, Minggu, 07 July 2019, sekitar pukul 02.00 waktu Guangzhou/pukul 01.00 WIB. Mohon doanya untuk beliau," tulis Direktorat PRB.

Sementara itu dari pihak keluarga, kabar duka tersebut disampaikan oleh putra Sutopo, Muhammad Ivanka Rizaldy melalui Instagramnya, dirinya memposting foto kebersamaan dengan sang ayahanda beserta ibunda dan adiknya dengan menuliskan “Innalilahi wainna ilaihirajiun, telah berpulang ke Rahmatullah seorang pahlawan dan ayahanda tercinta saya, Sutopo Purwo Nugroho saat menjalani pengobatan di Guangzho, China, mohon sebesar-besarnya untuk memaafkan semua kesalahan ayah saya. Semoga beliau diterima di sisinya,” tulis @ivanka_rizaldy.

Seperti kita ketahui, Sutopo meninggal dalam perjuangannya melawan kanker paru-paru. Sutopo didiagnosis kanker paru-paru sejak awal Desember 2017. Sejak didiagnosis, Sutopo masih gigih berupaya melakukan serangkaian pengobatan. Meski menderita sakit, Sutopo tetap menjalankan tugasnya mengawal dan inginformasikan kejadian bencana di Indonesia.

Di beberapa kesempatan, Sutopo mengatakan bahwa kankernya telah menyebar, ia kerap meminta doa dan restu kepada masyarakat untuk menjalani pengobatan selama satu bulan di Guangzhou, China.

"Hari ini saya ke Guangzho untuk berobat dari kanker paru yang telah menyebar di banyak tulang dan organ tubuh lali. Kondisinya sangat menyakitkan sekali," tulis Sutopo dalam postingan video Sabtu (15/6/19) ketika dirinya berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta sebelum bertolak ke Guangzhou.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: