Badai Salju Landa Guadalajara Meksiko, Banyak Kendaraan Terperangkap Salju

TrubusNews
Astri Sofyanti
01 Juli 2019   13:30 WIB

Komentar
Badai Salju Landa Guadalajara Meksiko, Banyak Kendaraan Terperangkap Salju

Badai salju esktrem landa Kota Guadalajara, Mexico City (Foto : AFP/ Ulises Ruiz)

Trubus.id -- Akibat cuaca ekstrem beberapa hari terakhir, Minggu (30/6), badai salju langka melanda sebagain besar wilayah Guadalajara, Mexico City. Sebagaimana diketahui, wilayah tersebut merupakan salah satu kota terpadat di Meksiko. Enam daerah suburban di Kota Guadalajara, Meksiko, diselimuti salju tebal setelah hujan es datang menerjang.

Badai salju yang tak pernah terjadi dalam beberapa tahun ini mengejutkan warga. Betapa tidak, banyak kendaraan milik warga terperangkap dalam es. Lapisan salju yang turun di kota itu cukup tebal, bahkan di beberapa tempat mencapai 1,5 meter. Dinas pekerjaan umum kemudian mengerahkan alat-alat berat guna membersihkan jalan di kota berpenduduk lima juta orang di sebelah utara ibu kota Meksiko, Mexico City.

Baca Lainnya : Pendaki Gunung Lawu Diimbau Waspada Suhu Dingin Ekstrem

Diberitakan AFP, Senin (1/7), para pejabat setempat mengatakan bahwa biasanya suhu udara Kota Guadalajara lebih dari 30 derajat Celsius. Meski pernah terjadi hujan es, tapi badai salju ini baru pertama kali terjadi.

Pemerintah daerah setempat mengatakan, sebanyak 200 rumah rusak dan puluhan kendaraan tersapu di dalam kota dan beberapa distrik di sekitarnya.

"Saya belum pernah melihat hal seperti itu di Guadalajara," kata gubernur negara bagian, Enrique Alfaro, seperti dilaporkan AFP, Senin (1/7).

Baca Lainnya : Akibat Fenomena Embun Es, Pendakian Gunung Gede Pangrango Bakal Ditutup

"Lalu kita bertanya pada diri sendiri apakah perubahan iklim itu nyata. Ini adalah fenomena alam yang belum pernah terlihat sebelumnya," ungkapnya lagi.

"Ini luar biasa," tambahnya.

Meski diterjang badai salju ekstrem, otoritas Kota Guadalajara menyatakan tidak ada korban jiwa akibat bencana tersebut. [NN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Waspada, Penggunaan Hand Sanitizer Jangan Berlebihan

Peristiwa   30 Mar 2020 - 13:05 WIB
Bagikan:          
Bagikan: