Cegah Kebakaran Hutan BPBD Kalteng Kerahkan 750 Personel

TrubusNews
Astri Sofyanti
27 Juni 2019   19:30 WIB

Komentar
Cegah Kebakaran Hutan BPBD Kalteng Kerahkan 750 Personel

Kebakaran hutan dan lahan ilustrasi (Foto : Dok.BNPB)

Trubus.id -- Memasuki musim kemarau, titik panas mulai bermunculan di sejumlah wilayah Indonesia yang masuk kategori rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Salah satu wilayah yang rentan terjadi karhutla ketika musim kemarau adalah Kalimantan Tengah.

Guna mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Kalimantan Tengah mengerahkan 750 personel yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Manggala Agni, TNI, Polri dan pemadam kebakaran swakarsa untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan.

“Kita menerjunkan personel untuk mencegah karhutla. Personel yang diterjunkan nantinya juga akan melakukan patroli. Patroli ini dilakukan untuk mengutamakan pencegahan karhutla yang kapan saja bisa terjadi,” kata Komandan Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Komandan Korem 102 Panju Panjung Kolonel Arm Saiful Rizal, di Palangka Raya, Kamis (27/6), mengutip Antaranews.

Baca Lainnya : 20 Kejadian Karhutla Melanda Kabupaten Bengkalis pada Mei 2019

Hingga Kamis (27/6), ada beberapa wilayah di Kalimantan tengah ditemukan titik panas (hot spot), yang meliputi Kabupaten Barito Selatan, Kotawaringin Barat, Kapuas dan Kota Palangka Raya. Hanya saja semuanya dapat teratasi oleh Tim Satgas yang cepat bergerak melakukan pencegahan. Diakui Saiful, penyebab utama kebakaran hutan dan lahan utamanya faktor alam dan perilaku manusia.

Sebelumnya, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran telah menetapkan status tanggap darurat bencana kebakaran hutan dan lahan. Atas penetapan status tersebut, anggota Satuan Tugas Penanggulangan Karhutla sudah bergerak sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: